Tiga dari enam pelaku perampokan di rumah milik Ibrahim (68), warga Surau Munai, Desa Rambah Hilir

Polisi Ringkus Tiga Perampok di Surau Munai


riaupotenza.com
DIAMANKAN - Tiga pelaku perampokan di rumah Ibrahim (68), Surau Munai, diamankan polisi, Senin (5/2) pukul 03.00 WIB.

ROHUL(RPZ) - tiga pelaku yang diringkus aparat Kepolisian dzantaranya berinisial EH alias Anto (33) warga Desa Tingkok, Kecamatan Tambusai, AS alias Adi (22) dan AR alias Aheng (18) warga Desa Rantau Panjang Kecamatan Tambusai. Sementara tiga lainnya masih dalam pengejaran polisi.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui Paur Humas Ipda Nanang Pujiono SH mengatakan, kejadian perampokan berawal, Senin (5/2) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, para pelaku diantaranya Anto, Adi dan Aheng dan dua lainnya mencoba masuk ke dalam rumah korban Ibrahim dengan cara mencongkel jendela bagain samping rumah. Sementara seorang pelaku lainnya berada di luar rumah.

Setelah berhasil masuk ke dalam rumah, saat bersamaan, korban Ibrahim baru keluar dari kamar mandi. Karena sama-sama kaget, salah seorang pelaku langsung memukul bagian muka korban menggunakan linggis dan pelaku lain mencekik leher korban.

Akibat hantaman benda tumpul itu, korban terjatuh dengan posisi tertelungkup dan tak sadarkan diri. Kesempatan itu digunakan pelaku untuk menutup mulut korban dengan lakban, dan mereka pun bebas menjalankan aksinya.

Namun, setelah korban tak sadarkan diri, istri korban Inur terbangun karena mendengar keributan. Saat melihat suaminya pingsan, ia berteriak ada maling sembari minta tolong. Namun langsung dicekik oleh beberapa pelaku dan menanyakan di mana tempat penyimpanan uang.

Karena teriakan istri korban Ibrahim terdengar sampai ke tetangga sekitar rumah, belasan warga datang menghampiri. Akhirnya, karena aksinya sudah ketahuan, para pelaku kabur ke semak-semak belakang rumah korban.

“Warga sempat melakukan pengejaran terhadap pelaku. Namun tidak berhasil. Setelah menolong korban, warga melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Rambah Hilir,” ungkap Ipda Suheri.

Setelah menerima laporan dari warga, Kapolsek Rambah Hilir Iptu Budi Ikhsani, SH beserta belasan anggota langsung menuju ke lokasi kejadian perampokan itu. Dan hanya berselang lebih kurang 7 jam, tepatnya pukul 10.30 WIB pagi, tiga pelaku berhasil diringkus polisi yang dibantu warga sekitar. Ketiganya diamankan di Mapolsek Rambah Hilir.

“Dari tangan pelaku ini berhasil disita barang bukti berupa senjata tajam jenis sangkur, dua linggis, dua sepeda motor Revo, lakban, dan penutup muka berupa sebo, serta satu pistol mainan,” terang Ipda Nanang.

Setelah diamankan, para pelaku ini mengakui semua perbuatannya. Kemudian dalam aksinya mereka bukan hanya bertiga melain masih ada tiga pelaku lain yang berhasil kabur saat ketahuan beraksi dan dikejar warga di sekitar rumah korban.

“Pengakuan pelaku masih ada tiga rekannya yakni pria berinisial RM, seorang lagi SI dan HS. Ketiganya kita tetapkan sebagai DPO,” ungkap Ipda Nanang lagi.

Ditambahkan Ipda Nanang, perkara ini masih dalam pengembangan, pasalnya masih ada tiga pelaku lainnya yang masih buron. Selain itu, salah seorang pelaku yakni Aheng juga diduga pernah melakukan aksi Curanmor di Wilayah Polsek Rambah, tepatnya di Pasir Pengaraian.

“Perkara ini masih tahap pengembangan. Kita sedang lacak Pelaku  lainnya,” tutup Ipda Nanang. pm/rpg