Her alias Lopes (20) harus menerima ganjaran akibat ulahnya sendiri. Warga Kecamatan Rambah Samo, Ka

Tertangkap Curi Motor, Bandit Dimassa


riaupotenza.com
Kerumunan masyarakat yang geram pelaku pencurian motor yang sembunyi di rumah warga.

ROHUL(RPZ) - Adapun kasusnya, karena pelaku melakukan aksi pidana pencurian sepeda motor milik Susyani di Kecamatan Ujung Batu. Motor tak dapat, badan babak belur, bahkan harus mengantarkan Lopes hidup dalam penjara.

Kronologisnya, Rabu (24/1) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Waktu itu pelaku nekat mencuri sepeda motor di belakang Expert Computer, Jalan Jendral Sudirman Ujungbatu. Namun saat beraksi, pelaku ketahuan oleh warga sekitar.

Lopes pun kabur. Karena sudah panik, pelaku pun sembunyikan dalam toilet di salah satu rumah warga. Tapi ternyata, warga yang tahu langsung memukul pelaku hingga babak belur. Untung saja nyawa pelaku masih terselamatkan karena datangnya polisi.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH mengatakan, aksi pencurian sepeda motor dilakukan Lopes berawal pada Rabu sore, Susyani yang juga warga Penghijauan, Desa Ngaso, Kecamatan Ujung Batu pergi salon Evi di Kelurahan Ujungbatu, untuk memotong rambut.

Setelah selesai memotong rambut, Susyani pergi ke Pasar setempat yang letaknya tidak jauh dari Salon milik Evi. Susyani meninggalkan sepeda motor Beat dengan nomor Polisi BM 2380 UR dengan posisi telah dikunci setang. Susyani pun berjalan kaki ke pasar tersebut.

Setelah selesai berbelanja barang kebutuhan harian di pasar, Susyani pulang ke salon Evi. Alangkah terkejutnya dia ketika sepeda motor miliknya yang diparkir di depan Salon Evi sudah hilang.

“Kemudian Susyani melapor ke Polsek Ujung Batu. Dan langsung dilakukan penyelidikan,” kata AKBP Yusup, Kamis malam.

Ditengah penyelidikan, seorang warga curiga dengan adanya seorang pemuda yang menggunakan sepeda motor yang mirip dengan milik Susyani yang telah hilang di parkiran salon milik Evi. Saat itu, pemuda yang dimaksud sedang nongkrong di belakang Expert Computer jalan Jendral Sudirman Ujungbatu.

Karena curiga, beberapa warga langsung menegur yang bersangkutan. Tanpa menjawab sepatah kata pun yang bersangkutan langsung kabur dan kejar oleh warga dari simpang panik menyebrangi Jalan Sudirman dan bersembunyi di belakang rumah warga.

Puluhan warga terus mencari keberadaan pelaku tersebut dan setiap rumah di gedor. Akhirnya warga curiga bahwa Lopes sembunyi di rumah milik warga bernama Yuly.

Setelah warga meminta izin kepada pemilik rumah (Yuly) akhirnya warga memasuki rumah dan memeriksa seluruh ruangan. Dan tepat di ruang water closed (WC), warga menemukan pria yang dikejar-kejar itu. Kemudian menyeret yang bersangkutan ke ruang tamu rumah.

Karena Lopes sempat berkilah tidak melakukan kejahatan, hal itu membuat amarah warga tak terbendungi. Beberapa pukulan pun mendarat di tubuh Lopes, dan terdengar jeritan minta ampun.

“Akhir tidak berapa lama, petugas Polsek Ujung Batu tiba di lokasi dan amankan tersangka. Kemudian mengantar pelaku ke salah satu klinik untuk mendapatkan perawatan medis, kemudian digelandang ke Mapolsek untuk proses lebih lanjut,” sambung AKBP Yusup.

Setelah diamankan serta dilakukan interogasi, ternyata selain melakukan pencurian sepeda motor milik Susyani, Lopes ini juga pernah mencuri sepeda motor di wilayah Polsek Ujung Batu dengan laporan polisi Nomor : LP / 88/ XII / 2017 /Riau / Res Rohul / Sek. U.Batu, tanggal 31 Desember 2017.

‘’Perkara ini masih tahap pengembangan, karena salah satu sepeda motor yang dicuri pelaku belum ditemukan,” ungkapnya. pm/mx