3 SMKN Terima Mobil Bekas Pemprov


riaupotenza.com
bantuan mobil - Gubri H Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan bantuan mobil bekas Pemprov untuk bahan praktek Jurusan Otomotif kepada beberapa SMK di Provinsi Riau.

PEKANBARU (RPZ) - Tiga Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) terima mobil bekas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Mobil tersebut bertujuan untuk dijadikan alat praktek bagi siswa, khususnya siswa jurusan otomotif yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keahlian siswa sesuai kemajuan dan perkembangan otomotif di dunia.

Adapun 3 SMK yang menerima bantuan tersebut adalah SMKN 1 Bangkinang Kampar, SMKN 1 Mandau dan SMKN 1 Minas Kabupaten Siak. Penyerahan mobil  tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman kepada masing-masing kepala sekolah yaitu SMKN 1 Bangkinang diterima oleh Agus Subagiyo, SMKN 1 Minas diterima Agustina Susilawati, dan Kepala Sekolah SMKN 1 Mandau, Senin (22/1) di halaman pergundangan Pemprov Riau Jalan Kopan Pekanbaru.

Menurut Gubernur Riau Arsyadjulandi Rachman, bantuan mobil untuk alat praktek tersebut merupakan salah satu salah satu langkah Pemprov Riau dalam meningkatkan kualitas dan keahlian siswa. Terutama siswa jurusan Otomotif yang harus bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan otomotif saat ini yang semakin canggih.
   
Selain itu, penyerahan bantuan ini setelah  melakukan peninjauan terhadap sekolah, dimana dalam kunjungan tersebut masih banyak kendala-kendala yang ditemukan dalam program pendidikan di SMK, di antaranya alat praktek ini yang masing menggunakan alat-alat lama atau keluaran lama. Sehingga kondisi itu salah satu yang menjadi kendala dalam menggesa peningkatan kemampuan siswa sesuai jurusan.

“Sebelumnya saya sudah mengunjungi beberapa SMK yang ada di Riau guna mengetahui hal-hal yang dibutuhkan sekolah dalam meningkatkan kompetensi siswa. Salah satunya yang saya lihat adalah minimnya alat praktek seperti  jurusan Otomotif ini, untuk itu saya intruksikan Kepala Dinas terkait untuk memfasilitasi kebutuhan praktek siswa ini,” kata Gubri.
 
Gubri yang akrab disapa Andi Rahman ini, juga menyampaikan, akan melakukan revitalisasi dan harmonisasi program keahlian yang ada di SMK, dimana Pemprov Riau akan terus berupaya membantu fasilitas di sekolah, seperti ruangan kelas, alat praktek dan lainya sebagaimana yang sudah digesa saat ini.

Pemprov Riau juga akan memberikan prioritas khusus pada program keahlian yang dirasa sangat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, salah satunya melalui skill yang bisa kita pacu pengembangannya dengan meningkatkan fasilitas yang lebih berkualitas di sekolah.

“Jika sekolah berkualitas tentu siswa bisa terampil dan siap terjun di masyarakat berkontribusi mengisi pembangunan di Provinsi Riau,’’ tuturnya.

Di tempat yang sama kepala Dinas Pendidikan Riau Rudyanto, mengatakan bantu ini merupakan tahap yang akan berkelanjutan ke depannya, artinya mobil bekas yang merupakan aset Pemprov Riau ini bisa dimanfaatkan lebih baik untuk meningkatkan kemampuan siswa. Sehingga mobil tersebut tidak perlu dilelang dan diserahkan kepada sekolah sebagai alat praktek untuk siswa.

“Pak gubernur menilai mobil ini lebih bermanfaat jika diserahkan ke sekolah untuk alat praktek ketimbang dilelang, Paslon lagi mobil ini tahun tinggi yang bisa meningkatkan keahlian siswa sesuai perkembangan saat ini, sehingga kedepannya juga akan memberikan kemudahan dalam mencari kerja,” jelasnya.

Dijelaskan Rudyanto, tiga mobil yang diserahkan tersebut jenis Nissan X-Trail yang merupakan tahap awal, karena sesuai target bantuan mobil akan diberikan sebanyak 17 unit. Untuk itu akan terus berlanjut ke depannya.

“Ini merupakan komitmen gubernur Riau dalam mengembangkan SDM di SMK guna memacu keahlian siswa kedepan. Untuk itu diharapkan mobil yang diserahkan ini bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai yang diharapkan dalam meningkatkan kualitas siswa,” tuturnya.

Sementara salah satu Kepala SMKN 1 Minas Agustina Susilawati, mengakui kaget dan tidak menyangka dapat bantuan peralatan praktek dari Gubernur Riau. Pasalnya, kendala tersebut baru disampaikan beberapa waktu lalu saat Gubernur Riau mengunjungi sekolah dan saat ini langsung diberikan.(dre)