Calon Panwaslu Kelurahan/Desa Diseleksi


riaupotenza.com
Pokja Panwaslu Kecamatan Bandar Seikijang bersama calon anggota Panwaslu Kelurahan dan Desa saat seleksi.

BANDARSEIKIJANG-Menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang akan digelar pertengahan 2018 ini beragam tahapan persiapan pun dimulai.  Seperi Pangawas Pemilihan Umum  (Panwaslu) Kecamatan Bandar Seikijang  melakukan seleksi wawancara terhadap 14 peserta untuk ditempatkan di1 keluarhan dan 4 desa di Kecamatan Bandar Seikijang.

     ‘’Seleksi wawancara calong anggota Panwaslu tingkat kelurahan dan desa ini dalam rangka upaya pengawasan Pilgubri agar berlangsung sukses dengan landasan yang telah diatur oleh negara,’’jelas  Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Panwaslu Kecamatan Bandar Seikijang Zulpandi, S.IP,MA, Ahad (14/1).

     Seleksi wawancara yang diikuti 14 peserta itu lanjut Zulpandi berlangsung di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Bandar Seikijang. ‘’Seleksi wawancara ini merupakan tahapan lanjutan dari proses pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa oleh Pokja. Proses sudah berlangsung sejak Desember lalu,’’paparnya.

   Mantan IPMKP Yogyakarta ini menyebutkan, sebelumnya telah dilakukan seleksi administrasi yang diikuti oleh 14 orang pendaftar dari 4 desa dan  1 kelurahan yang ada di Kecamatan Bandar Seikijang. ‘’Dari hasil pemeriksaan dan pleno Panwaslu Bandar Seikijang diputuskan bahwa ke-14 peserta tersebut lulus seleksi dan berhak mengikuti tahapan seleksi wawancara. Dari proses seleksi wawancara ini nantinya akan terpilih 5 orang yang mewakili setiap desa dan kelurahan untuk menjadi Panwaslu Kelurahan/Desa,’’ungkapnya.

    Zulpandi, yang merupakan anggota Panwaslu Kecamatan Bandar Seikijang divisi SDM dan Organisasi ini berharap bahwa kelima orang yang terpilih nantinya mampu bekerja dengan optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan pemilu yang baik.  ‘’Kinerja pengawasan yang baik dari para pengawas Pemilu tentu akan membawa kebaikan pada kualitas demokrasi elektoral di negeri ini,’’ujarnya.

    Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaslu Kec. Bandar Seikijang, Hamzah. Menurutnya,  Panwaslu Kelurahan/Desa yang terpilih nanti bisa menjadi perpanjangan tangan pengawas pemilu di tingkat desa dan kelurahan. UU No. 7 Tahun 2017 yang menjadi landasan kerja pengawas pemilu saat ini menuntut keseriusan setiap elemen pengawas untuk bisa bekerja dengan baik. ‘’Oleh karena itu  saya berharap Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Bandar Seikijang nantinya bisa bekerja dengan efektif,’’terangnya sambil menyebutkan dalam waktu dekat akan melaksanakan pelantikan anggota Panwaslu Kelurahan/Desa yang terpilih.amr