Wabup Lantik Sebelas Penghulu

Sebelah Kaki Penghulu di Penjara


riaupotenza.com
Wakil Bupati Rohil, Drs H Jamiluddin saat melantik sebelas penghulu di Rimbo Melintang.

RIMBAMELINTANG (RPZ) - Sebanyak sebelas penghulu terpilih di Kecamatan Rimba Melintang dilantik langsung oleh Wakil Bupati Rohil, Drs H Jamiludin, Jumat (12/1). 

Untuk enam tahun ke depan, tugas sejak dilantiknya penghulu sudah dimulai. Jamiludin menegaskan, bahwa penghulu yang baru harus banyak belajar dulu.

“Usai dilantik langsung bekerja, bagi yang baru atau junior mohon tanya pendapat atau tunjuk ajar dari yang senior. Ada empat orang itu yang senior,” kata Jamil.

Lanjut Jamil, penghulu merupakan tangan kanan pemerintah kabupaten, dalam menjalankan roda kepemimpinan. Setelah dilantik ini, sebelah dari kaki penghulu sudah berada di penjara. Itu artinya, bekerja dengan teliti dan hati-hati. Sehingga tidak terjebak dengan godaan pengelolaan anggaran.

“Kami sebagai kepala daerah sangat terbantu dengan tangan penghulu. Karena jenjang kepemimpinan itu jatuh dihujung oleh kepala desa. Pelihara amanah. Usai dilantiknya jangan ada lagi kotak-kotak. Semuanya warga masyarakat. Jangan ada lagi tim sukses atau apapun,” tegas Jamil.

Sementara itu, tokoh masyarakat Rimba Melintang, Nasrudin Hasan SE yang juga Ketua DPRD Rohil mengaku senang dan bangga dengan suksesnya pelantikan penghulu tersebut. 

Ia juga menyarankan kepada penghulu terpilih agar menempatkan segala sesuatunya pada tempatnya. “Tempatkan pada tempatnya, jangan anggap usia muda belum mampu. Bisa saja pengetahuannya lebih tinggi. Jadi, penghulu ini ada yang masih lajang pula. Semoga seluruhnya bisa menjalankan tugas dengan baik,” harap Nasrudin.

Hadir dalam pelantikan itu, Camat Rimba Melintang, Burhanuddin Hasan SHut MSc, Kapolsek Rimba Melintang, Boy Setiawan SAp MSi, Danramil 05 Rimba Melintang, R Sembiring, Kabag Humas Pemkab Rohil Hermanto, dan sejumlah kepala OPD.iin.