Peralihan Bidang Kebersihan Disinyalir Cacat Hukum


riaupotenza.com
Bupati dan Wakil Bupati kunjungi tempat pembuangan smapah sementara Jalan Rumbia, Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti

SELATPANJANG(RPZ)-Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti akan memanggil Sekretaris Daerah beserta pejabat OPD terkait, atas kebijakan peralihan Bidang Kebersihan, ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sebagaimana diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Darwin Susandi kepada Pekanbaru Pos, Kamis (11/1) siang melalui telphone genggam. 

"Pemanggilan hearing yang direncanakan awal minggu mendatang itu membahas dasar hukum, Juknis dan Juklak terhadap peleburan atau peralihan Bidang Kebersihan yang awalnya di Dinas PU sekarang dialihkan ke DLHK," ungkapnya. 

Menurutnya kebijakan peralihan Bidang Kebersihan tersebut terlihat sangat mendesak oleh Sekretariat Daerah dan OPD terkait. "Peralihan Bidang Kebersihan terlihat mendesak dan disinyalir cacat hukum," ujarnya. 

Memang sebelum lahirnya kebijakan itu, Sekdakab Meranti tidak ada lakukan kordinasi ke DPRD Meranti. "Jangankan kordinasi, informasi lahirnya kebijakan itu pun kami taunya dari media massa," ungkap Darwin. 

Ditanya terkait letak kesalahan atas peralihan itu, Darwin kuat menyorot terhadap mata anggaran belanja bidang kebersihan 2018 klop di badan Dinas PU dan bukan di DLHK. 

"Mata anggaran itu sudah disahkan, tiba tiba mereka lakukan peralihan," ujarnya. 

Seperti diberitakan Pekanbaru Pos belum lama ini. Sekda Yuluian Norwis menjelaskan, masalah anggaran tidak ada masalah, karena didalam Rencana Kerja Perangkat daerah 2018 itu telah dirubah jauh hari sebelum penetapan anggaran murni 2018.

Pernyataan Sekda Itu dibantah keras oleh jajaran Komsi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Dedi Putra Shi, menurutnya pernyataan sekda itu tidak sesuai dengan hasil rapat banggar 2018 yang dibahas akhir 2017 lalu.

"Sekda itu bohong, mana ada perubahan RKPD 2018 tersebut. Kalau pun berubah tentu kami tau dan mesti dibahas bersama kami. Masih ada di meja saya tu hasil rapatnya. Nanti kita bahas, kami komisi II akan panggil mereka awal minggu mendatang," kata Dedi Putra(Wir)