Sosialisasi Sadar Pemilu pada Pemilih Pemula

Tekan Angka Golput PPK Bathin Solapan Lakukan Sosialisasi


riaupotenza.com
Berfoto bersama usai kegiatan sosialisasi. (win)

BATHIN SOLAPAN (RPZ) -- Guna menekan angka Golput diwilayah kerjanya, PPK Bathin Solapan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sadar Pemilu Pemilih Pemula di Gedung Serba Guna Desa Sebangar, Selasa (9/1) kemarin.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan sosialisasi sadar Pemilu pada pemilih pemula tersebut diikuti oleh sebanyak 150 siswa-siswi SMA. Mereka terdiri dari pelajar SMK Negeri 3 dan SMA Negeri 6 Mandau. Selain ratusan siswa tadu, juga tampak hadir sejumlah undangan lainnya. 

Diantaranya, Panwascam Kecamata Bathin Solapan, PPS se-Kecamatan Bathin Solapan, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 dan Kepala Sekolah SMA Negeri 6. "Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada amanat UU No. 10 Tahun 2016 dan PKPU No. 7 Tahun 2017 Pasal 53 Ayat 1 huruf e tentang tugas wewenang dan kewajiban PPK menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat tentang Pemilu dalam hal ini yang dititik beratkan pada pemilih pemula," jelas Patriadi, Ketua PPK Bathin Solapan kepada Posmetro Madau.

Dalam sambutannya, ketua PPK Kecamatan Bathin Solapan, Patriadi meyampaikan tahniah dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 3 dan Kepala Sekolah SMA Negeri 6 atas kerjasamanya. Dimana kepala sekolah menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dengan menghadirkan siswanya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi Sadar Pemilu Pemilih Pemula ini.

"Kita berharap kepada siswa-siswi yang mengikuti Sosialisasi Sadar Pemilu Pemilih Pemula ini, bisa secara estafet menyampaikan ke kawan-kawannya yang lain, keluarga serta masyarakat lainnya. Agar menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018 nanti. Karena satu suara sangat menentukan masa depan Indonesia  kedepan, khususnya masa depan Riau Kedepan dalam pemilihan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 ini. Adapun tujuan utama dari kegiatan sosialisasi Sadar Pemilu Pemilih  Pemula ini adalah menekan angka Golput pada perhelatan akbar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 ini maupun Pemilihan Umum 2019 nanti ," tukasnya.

Tampak peserta sosialisasi yang merupakan para pemilih pemula ini cukup antusias mengikuti materi yang disampaikan sejumlah pemateri. Apalagi, materi disampaikan menggunakan tayangan video sejarah Pemilu dan tayangan video simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS dipandu oleh Hendra Gunawan S IP.

Sedangkan untuk Materi Pendidikan Politik Pemilih Pemula disampaikan pemateri Patriadi sendiri. Sementara, Materi Bagaimana Cara Memilih dan Bagaimana Menjadi Pemilih dipaparkan oleh pemateri Siti Yuliana SPd. Selanjutnya, Praktek Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dipraktekkan langsung oleh 23 siswa yang menjadi peserta sosialisasi. Acara sosialisasi sendiri dipandu oleh Amiruddin SH dan Durianto AMd.

Di penghujung kegiatan sosialisasi, acara ditutup dengan sesi tanya jawab. Kesempatan itu, terang saja dimanfaatkan oleh para peserta untuk bertanya. Siswa tampak sangat antusias bertanya terkait cara dan proses dari tahapan Pemilu.   (win)