 Soal Kegiatan Tunda Bayar Rp 395 Miliar

Pemkab Janji Penuhi Melalui Transfer Dana Pusat


riaupotenza.com
Plt. Kadiskominfotik Bengkalis Johansyah Syafri.(foto.dok)

BENGKALIS (RPZ) — Buntut dari surat pernyataan dari BPKAD Bengkalis dan asosiasi rekanan tanggal 5 Januari 2018 lalu. Pemkab Bengkalis melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis menegaskan jika surat pernyataan itu asli dan merupakan aspirasi dari rekan-rekan kontraktor di Bengkalis.

Plt. Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri, Senin (8/1/2018) petang via ponsel kepada Riaupotenza.com mengatakan, surat pernyataan itu dibuat sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk membayarkan prestasi rekanan yang sudah membantu pembangunan di Kabupaten Bengkalis pada anggaran kegiatan di Tahun 2017 lalu.

“Ya, surat pernyataan itu asli. Jadi itu merupakan aspirasi dari rekan-rekan kontraktor yang datang menemui BPKAD Bengkalis. Artinya, Pemkab akan membayar kegiatan tunda bayar itu di Triwulan I Tahun 2018, serta meminta agar bank memberikan dispensasi bunga 2017, sesuai ketentuan yang berlaku,”kata Johansyah Syafri.

Mantan Kabag Humas Setdakab Bengkalis ini menerangkan, untuk itu dirinya berharap agar rekanan dapat bersabar sampai menunggu pemenuhan hak atau prestasi dari kegiatan yang sudah dilaksanakan, karena Pemkab dan BPKAD hari ini masih menunggu transfer dana dari pemerintah pusat.

“Tidak mungkin dan tidak ada alasan untuk tidak dibayarkan, karena rekanan (kontraktor,red) sudah turut serta ikut mensukseskan pembangunan di daerah, dan kita tunggu transfer dana dari pusat,”katanya lagi.

Ia menjelaskan, untuk besaran angka tunda bayar itu mencapai sekitar Rp 395 miliar dengan jumlah tunda bayar sebanyak kurang lebih 1.500 kontrak. Sehingga, kondisi ini sebelumnya sudah disepakati melalui pertemuan antara rekanan dan perwakilan Pemkab Bengkalis dihadiri Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis Bustami HY.

“Pertemuan hari Jumat, tanggal 5 Januari 2018 itu sudah jelas ada kesepakatan antara rekanan dan Pemkab soal tunda bayar. Maka dari itu, kita tunggu pemenuhan prestasi ke rekanan, sesuai isi yang tertuang dalam surat pernyataan itu,”katanya.(kar)