Perpusda Kuansing Terapkan Sistem OPAC


riaupotenza.com
Perpusda Kuansing menciptakan pelayanan prima dengan sistem Online Publik Access Cataloge (OPAC).

Kuansing (RPZ) -+Guna menciptakan pelayanan prima, seiring kemajuan teknologi Perpustakaan Daerah Kuansing memberikan pelayanan prima dan cepat pada pengunjung. "Pelayan itu berupa Online Publik Access Cataloge (OPAC)," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs Azhar MM di dampingi Kabid Perpustakaan, H Samsius ST akhir pekan lalu di Teluk Kuantan.

Dikatakannya, hanya dengan mengetik judul buku yang diinginkan melalui layanan computer yang tersedia, pengunjung sudah tahu di posisi rak mana buku itu berada.

"Sebenarnya hal ini sudah berlaku pada layanan perpustakaan modern dengan fasilitas yang memadai," ujar Azhar.

Namun meski perpustakaan Kuansing terbilang kecil dan belum memadai, katanya, tapi pelayanan tetap dilakukan perbaikan dan pembaharuan dari hari ke hari.

"Langkah ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang datang ke Perpusda," kata Azhar.

Kondisi ini diharapkan bisa memicu lebih tinggi lagi, tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah Kuansing ,yang berada di bilangan Limuno Teluk Kuantan.

Perbaikan layanan ini, juga guna menyongsong jika nantinya Kuansing memiliki gedung baru yang representatif. 

"Jadi nantinya tinggal menyesuaikan saja, kira telah kuasai teknologi pelayanan nya , sehingga bila dapat gedung baru tidak usah repot lagi," ujar Azhar.

Saat ini perpustakaan daerah Kuansing dilayani 4 orang petugas, dengan pelayanan pada hari Sabtu juga buka. 

"Mereka yang sudah menguasai teknologi pelayanan ini, hendaknya dipertahankan statusnya oleh pemkab Kuansing melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," katanya.

Jadi siapapun nanti pejabat yang ditugaskan di perpustakaan dan kearsipan ini, berkomitmen untuk mempertahankan sumber daya yang ada.

"Sebab menciptakan SDM seperti saat ini ,butuh waktu, proses dan dana yang memadai," jelasnya.

Oleh karena itu, seiring dengan penerapan sistem OPAC dimaksud, keberadaan perpustakaan daerah Kuansing tidak lagi dipandang sebelah mata.

Masih kata Azhar, untuk mendukung peningkatan minat baca dikalangan masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja serta mahasiswa, maka pihaknya akan mengoptimalkan fungsi mobil perpustakaan keliling.(cil)