Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018

Kapolres Kuansing Imbau Personel Jaga Netralitas


riaupotenza.com
Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto memeriksa barisan saat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018 dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau Tahun 2018, Kamis (5/12) di halaman Mapolres Kuansing.

Kuansing (RPZ)-Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kuansing, AKBP Fibri Karpiananto menghimbau kepada personel keamanan baik Polri maupun TNI untuk selalu menjaga netralitas dan profesional saat menghadapi pemilihan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau Tahun 2018.

"Kepada segenap anggota Polri dan TNI untuk tetap menjaga Netralitas dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018," kata Fibri dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018 dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau Tahun 2018, Kamis (5/12) di halaman Mapolres Kuansing.

Menurut Kapolres, hingga saat ini wilayah hukum Polres Kuansing masih dalam situasi aman dan kondusif, namun hal itu tidak boleh membuat lengah para personil kepolisian setempat.

“Sekarang kita sedang menghadapi Pilgubri, dan Kuansing ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. Tentu ini menjadi ujian netralitas dan profesionalisme kita," katanya.

Fibri juga menekankan kepada para anggotanya bahwa tugas pihak kepolisian hanyalah sebatas mengamankan dan tidak boleh terlibat politik praktis.

Mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, katanya, personel harus bisa mengenali wilayah tugas dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas, proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis. "Hindari sikap tindakan dan perilaku arogan yang memicu perselisihan," ujarnya.

Selain itu, personel juga harus medepankan upaya deteksi dini, preemtif, dan preventif dengan mengoptimalkan peran dan fungsi opsnal serta Bhabinkamtibmas bersama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.

"Jalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis dengan seluruh elemen terkait pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau Tahun 2018," ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat Kuansing  meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha esa serta memohon ridhonya agar pemilihan gubernur dan wakil gubernur Tahun 2018 agar berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses.

"Kita berharap pada pesta demokrasi tingkat Provinsi Riau tahun ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib," katanya.

Turut hadir Bupati Kuansing, Drs H Mursini MSi, Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra SH MH, Kajari Kuansing dan Dandim 0302 Inhu-Kuansing yang diwakili oleh Pabung Dim Kuansing Kapten Inf Siswandi dan Wakapolres Kuansing, Kompol Dody Harga Kusumah SH.(cil)