Puluhan Iklan Rokok Ilegal Diturun Paksa


riaupotenza.com
Personil Satpol PP dan Damkar Pelalawan berupaya menurunkan iklan rokok yang dipasang di tiang listrik 

PANGKALANKERINCI-Mengawali kegiatan awal tahun 2018, puluhan personil Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Pelalawan mulai merumput. Bukannya di lapangan sepak bola, tapi menertibkan media promosi produsen rokok yang bertebaran di  Ibu Kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci. Alhasil, puluhan iklan, spanduk rokok yang dipasang illegal diturunkan paksa dan diangkut ke markas.

     Aksi penertiban ini dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, Kamis (4/1).  Sejumlah titik yang dipasang iklan, mulai jalur hijau, persimpangan hingga pepohonan dan tiang listrik semuanya disasar puluhan personil Satpol PP dan Damkar.

    ‘’Satpol PP dan  Damkar menertibkan spanduk dan iklan rokok yang berada ditempat terlarang,’’jelas Kasat Pol PP dan Damkar H Abu Bakar Fisda Eli,S.Sos,M.Ap didampingi Kasi Penertiban Sofyan,SH,MH yang memimpin kegiatan tersebut kemarin.

    ‘’Puluhan personil kita melakukan penertiban perdana tahun 2018 terhadap spanduk dan iklan rokok di sepanjang Lintas Timur, Simpang Kualo dan Kilo 55. Media promosi ini dipasang di tiang listrik, pohon kayu dan lainnya. Jadi semuanya kami sapu bersih,’’ungkap Sofyan.

    Terhadap spanduk rokok dan beberapa iklan produk lainnya yang dipasang di tempat terlarang sehingga mengganggu keindahan, lanjut Sofyan langsung diangkut dan diamankan di markas Satpol PP dan Damkar di Kompleks Perkantoran Bhakti Praja Pangkalan Kerinci.

    Tak hanya menyebabkan pemandangan kota menjadi kumuh dan semrawut karena berseliwarannya iklan tak berbayar oleh produsen rokok yang tak bertanggung, menurut Sofyan pemasangan iklan tidak pada tempatnya juga membahakan orang lain. ‘’Tentunya hal ini bisa berakibat fatal kalau dibiarkan, bahkan tiang listrik juga bisa tumbang.  Dan juga merusak pemandangan kota sehingga kota pkl kerinci kelihatan kumuh juga semraut,’’ujarnya sambil mengharapkan agar pihak-pihak yang berkepentingan atau pemasang iklan rokok kedepannya tidak lagi memasang iklan rokok pada ditiang listrik dan bukan pada tempatnya.

    ‘’Tolong koordinasikan dengan kami. Namun yang jelas kalau tidak punya izin akan kami turunkan paksa,’’pungkasnya.amr