Semua Pihak Harus Terlibat

2018, Diagendakan 5 Musrenbang


riaupotenza.com
Jadwal Musrenbang Kabupaten Pelalawan tahun 2018 

PANGKALANKERINCI-Pada tahun 2018, setidaknya ada 5 agenda besar musyawarah pembangunan (Musrenbang) yang telah diprogramkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan. Baik musyawarah tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga tingkat Provinsi Riau. Agar terjadinya sinkronisasi pembangunan kedepan, semua pihak, masyarakat, aparatur pemerintah hingga pihak swasta hendaknya mengambil peran dalam agenda tersebut.

     ‘’Musrenbang ini merupakan agenda besar kita dalam menentukan langkah pembangunan yang lebih kedepan. Untuk itu, keterlibatan dan peran serta masyarakat, aparatur desa, kecamatan hingga kabupaten harus memanfaatkan agenda penting ini secara maksimal,’’jelas Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir H Muhammad Syahrul,M.Si, Kamis (4/1).

    Kenapa Musrenbang ini harus dimanfaatkan maksimal, karena menurut Syahrul, karena dalam perencanaan tak hanya mengusulkan tapi upaya mencarikan solusi.   ‘’Jadi, dihimbau masyarakat, dunia usaha dan aparatur pemerintah dapat memanfaatkan musyawarah perencanaan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten secara maksimal dalam memecahkan masalah dan merumuskan kebijakan pembangunan di masing-masing level pemerintahan,’’paparnya.

    ‘’Musrenbang tidak hanya sebatas membuat usulan untuk dibiayai APBD, namun juga bisa dimanfaatkan merumuskan rencana pembangunan di masing-masing level pemerintahan, baik yang dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat maupun pemanfaatan dana CSR. Termasuk juga pemanfaatan dana desa seharusnya dibahas pada musyawarah tersebut. Semakin banyak unsur yang terlibat di dalam musyawarah, tentu akan semakin baik kualitas hasil musyawarah dan semakin besarnya kontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan,’’imbuhnya.
    Musrenbang yang telah dipatenkan itu lanjut pria murah senyum ini merupakan rangkaian penyusunan program pembangunan prioritas pada tahun 2019 mendatang.   ‘’Pada tahun 2019, fokus pembangunan di Kabupaten Pelalawan adalah peningkatan ekonomi daerah melalui penguatan daya saing. Upaya pencapaian Pelalawan Makmur pada Tahun Ketiga RPJMD 2016 - 2021 ini, harus dilaksanakan secara lebih progressif guna terwujudnya Pelalawan Emas,’’terangnya.

    Lebih rinci disebutkan Kepala Bappeda Pelalawan, agenda kegiatan Musrenbang yakni penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018, pada pekan I-IV Januari akan dilaksanakan Musrenbang Desa/Kelurahan, lalu pekan ke I-II Februari Musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan, pekan I Maret 2018 akan ditaja Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Pelalawan, pekan II Maret, akan digelar Musrenbang RKPD Kabupaten Pelalawan dan terakhir pekan I bulan April mendatang Musrenbang RPKD Provinsi Riau akan dilaksanakan.amr