Rp 8 Juta Upal Diamankan


riaupotenza.com
JI dan SI pengedar uang palsu jutaan rupiah ditangkap Polsek Pangkalan Kuras

PANGKALANKURAS-Waspada dalam bertransaksi. Pasalnya uang sudah beredar di Kabupaten Pelalawan. Dua pelaku ditangkap karena belanja dengan uang palsu. Tak sedikit barang bukti diamankan. Rp 8 juta upal yang belum sempat beredar berhasil diamankan polisi. Kedua pelaku, SI (28) wanita beranak satu  warga  Desa Kemang Kecamatan Pangkalan Kuras dan  JI (48) seorang petani warga RT 15 RW 04 Desa Telayap Kecamatan Pelalawan diinapkan di Situmben Polsek Pangkalan Kuras.

    Jika pelaku JI ini ditangkap di kediamannya dengan BB yang diamankan polisi uang palsu sebanyak Rp 6 juta rupiah, ibu beranak satu inisial SI ini ditangkap usai belanja di pasar dan ditemukan uang palsu yang disimpan dalam celana dalam sebesar Rp 2 juta. Semuanya uang kertas pecahan Rp 100.000 sebanyak 60 lembar.

     ‘’Kedua pelaku tindak pidana memalsukan mata uang dan uang kertas Negara serta uang Kertas Bank dan BB sudah diamankan di Polsek. Sekarang masih dilakukan pengembangan terkait beredarnya uang palsu ini,’’jelas Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan,S.Ik melalui Paur Humas Iptu Maraden Sijabat,SH, Kamis (4/1).

    ‘’Keduanya disangkakan melanggar pasal pasal 36 ayat 3,UU RI Nomor 7 thn 2011 tentang mata uang,’’imbuhnya sambil menyebutkan keduanya ditangkap di dua lokasi berbeda sekitar pukul 10.00 WIB dan pukul 13.30 WIB, pada Rabu (3/1) kemarin.         

    Disebutkan, terbongkarnya kedok pengedar uang palsu kertas ini berawal dari laporan  DT (30), pedagang pasar Desa Harapan Jaya Kecamatan Pangkalan Kuras  yang menjadi korban pelaku, SI, IRT satu anak ini. ‘’Kala itu korban menyebutkan ada orang yang berbelanja menggunakan uang palsu dengan ciri-ciri seorang ibu yang sedang menggendok anaknya,’’ungkapnya.

    Setelah dicari di sekitaran pasar, tak lama berselang, pelaku berhasil ditemukan dan diamankan  ke Kantor Desa Harapan Jaya dan setelah itu melapork ke Polsek Pangkalan Kuras.

    Sekira pukul 11.00 WIB, Kanit Reskrim Polsek Pangkalan Kuras Ipda Dafrigo Amrizal, SH. MH bersama anggota opsnal mendatangi Kantor Desa Harapan Jaya. ‘’Pada saat dilakukan penggeladahan badan terhadap pelaku didapati sejumlah uang palsu didalam plastik hitam yang diletak didalam celana dalamnya. Kemudian pelaku dibawa dan diamankan ke Polsek guna pengembangan,’’bebernya.

    Dari dari pengembangan diketahui, wanita anak satu ini mendapatkan uang palsu t dari pelaku  JI warga Telayap, Pelalawan. Pengedar uang palsu berprofesi sebagai petani ini langsung diciduk di kediamannya sekitar pukul  13.30 WIB. ‘’Dari pelaku JI ini ditemukan BB uang kertas palsu Rp 6 juta pecahan Rp 100.000 sebanyak 60 lembar.  Pelaku berikut barang bukti kemudian dibawa dan diamankan ke Polsek guna pengusutan lebih lanjut,’’terang Sijabat sambil menyebutkan dari SI yang hasil kembalian belanja dengan menggunakan uang palsu sebanyak Rp 1.117.000, dengan rincian, pecahan Rp 50.000 sebanyak 13 lembar, pecahan Rp 20.000 sebanyak 13 lembar, pecahan Rp. 10.000 sebanyak 14 lembar, pecahan Rp. 5.000 sebanyak 13 lembar, pecahan Rp. 2.000 sebanyak 1 lembar.

    Selain itu diamankan juga barang belanjaan yang menggunakan uang palsu,  HP merk Samsung lipat warna Merah, 1 buah sarung bantal warna Merah Muda, 3 lembar celana dalam merk Jova, 3 buah Cangkir dan lainnya.amr