Kapolres Pantau Banjir di Muaro Sako


riaupotenza.com
Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, S.Ik saat meninjau ketinggian debit air di Langgam 

LANGGAM-Tingginya curah hujan plus air kiriman dari hulu menyebabkan debit air Sungai Kampar terutama Kabupaten Pelalawan mengalami peningkatan. Bahkan, Dusun Muaro Sako, Kecamatan Langgam sudah terdampak meluapnya air Sungai Kampar.

Mencermati kondisi debit air yang terus naik, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan,S.Ik langsung melakukan pantauan di sejumlah titik. Terutama Dusun Muaro Sako, Langgam.

‘’Ya Pak Kapolres bersama rombongan langsung mengecek volume debit air di sejumlah titik di Kecamatan Langggam. Hal ini dilakukan dalam rangka  mengantisipasi dini dampak banjir yang kerap kali terjadi di wilayah hukum Polres Pelalawan,’’terang Paur Humas Iptu Maraden Sijabat,SH, Rabu (3/1) kemarin sambil menyebutkan saat turun ke lokasi Kapolres Pelalawan didampingi Kabag Ops Kompol Edi Munawar, SH, MH, Kasat Intelkam, AKP  H Akhmad Zain Rofiqi, SH, Kasat Binmas AKP Benhardi, SH, Kasat Sabhara AKP Handoko dan Kasat Reskrim  AKP Faizal Ramzani, SH, S. Ik .

Menurut Kapolres, bencana banjir yang kerap kali terjadi di bantaran Sungai Kampar, terutama Langgam harus diantisipasi sejak dini agar tidak tidak menimbulkan korban jiwa maupun materil.

Kapolres bersama rombongan mengawali kegiatan meninjau ketinggia debit air di ponton penyebarangan milik PT RAPP Langgam.  ‘’Saya menghimbau kepada masyarakat agar kedepan jika terjadi peningkatan debit air, masyarakat dapat segera menginformasikan kepada pihak Polsek Langgam serta pemerintah kecamatan untuk antisipasi bencana banjir ini,’’kata Kapolres menyampaikan sarannya.

Tak hanya itu, Kapolres yang menggunakan transportasi Sungai itu melihat langsung Dusun Muaro Sako Kecamatan Langgam yang sudah terdampak banjir. Lokasi ini merupakan pertemuan air dari Sungai Kampar kanan dan Sungai Kampar Kiri.  ‘’Masyarakat agar dapat secara bersama mawas diri terhadap dampak banjir yang sering terjadi. Intensifkan komunikasi dua arah antara pihak Polri dengan masyarakat  untuk percepatan informasi perkembangan situasi khususnya bencana banjir ini,’’papar Kapolres yang menyempatkan diri berdialog bersama warga setempat.

Kapolres juga berkoordinasi dengan Camat Langgam  Eduardo,S.Sos terkait kondisi banjir yang terjadi di Dusun Muaro Sako Kecamatan Langgam agar pihak kecamatan dapat lebih peka terhadap kondisi banjir serta masyarakat yang terkena dampak luapan Sungai Kampar tersebut.amr