Kini, Kantor Deputy BPJS Punya  Sekretariat Media Centre Tersendiri


riaupotenza.com
SERAHKAN: Kepala BPJS Kesahatan Deputy Sumbagteng-Jambi, Siswandi (tiga dari kiri) menyerahkan pemakain sekretariat Media Centre kepada Ketua Forum Wartawan BPJS Adnan Buyung usai acara eskspose Media tahun 2018, Selasa (2/1).

PEKANBARU (RPZ)-BPJS Kesehatan yang berada Deputy Sumbagteng - Jambi terus berupaya transparan mungkin. Setelah  memiliki aplikasi yang bisa diakses oleh siapapun, mulai awal tahun 2018  BPJS Kesehatan Deputy Sumbagteng -Jambi memiliki sektretariat Media Centre tersendiri yang beralamat Kantaor Deputy Sumbagteng-Jambi Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Untuk pemakaian  ruang khusus media centre, Selasa (2/1) yang mana peresmiannya langsung dilakukan Kepala BPJS Kesehatan Deputy Sumbagteng-Jambi Siswadi usai acara Public expose awal tahun 2018 dengan tema ''Jaminanan Kesehatan Sudah di Depan Mata''. Usai acara pelepasan kain sarung sekretariat, Kepala BPJS Kesehatan Deputy Sumbagteng-Jambi 

Siswandi menyerahkan pemakainnya  kepada ketua Forum Wartawan BPJS Kesehatan Deputy Sumbagteng-Jambi, Adnan Buyung untuk dapat digunakan sebaik-baiknya.

Siswandi didampingi Asisten Departemen Bidang Monitoring dan Evaluasi BPJS Kesehatan Kedeputian Sumbagteng, Andi Ashar menjelaskan pada Media Centre itu akan disediakan satu unit PC Komuputer dan tenaga yang  khusus melayani atau menjembatani hal-hal yang dalam mendapat dan mengumpulkan sebuah informasi sehingga menjadi pemberitaan yang menarik untuk dihidangkan kepada pembaca.

''Kita rencanakan ada satu PC untuk dapat digunakan oleh wartawan dan satu orang petugas. Namun demikian walaupun demikian sudah disediakan ruangan, namun kalau wartawan ingin jumpa  langsung dengan kepala BPJS atau para asisten deputy dipersilahkan. Namun yang jelas begitu  sampai di kantor sudah ada tempat sektretariatnya,'' ungkapnya.

Ditambahkan Siswandi Media Centre itu yang sengaja disediakan untuk wartawan itu bertujuan agar wartawan ketika mencari informasi tentang BPJS Kesehatan memiliki tempat tersendiri  sehingga apapun  informasi yang ingin dicarikan apakah itu informasi untuk disampaikan masyarakat  maupun saran atau bahkan kritikan sekali bisa melalui tempat yang telah disediakan.

''Kita sadar bahwa BPJS Kesehatan banyak informasi yang disampaikan kepada masyarakat, melalui perpanjangan "tangan" wartawan diharapkan informasi yang sampai kepada masyarakat.  Begitu sebaliknya, kalau ada pelayanan oleh BPJS atau mitra BPJS, kami siap untuk menerima, guna perbaikan pelayanan kesehatan yang maksimal,''  ujar Siswandi.

Perlu dibentuk sektretariat Media Centre selain kemitraan dan keterbukaan dengan publik, hal itu  juga mengilhami apa yang dilakukan di kantor Pusat BPJS Kesehatan Jakarta. Kemudian ditambah lagi, banyak permasalahan ditangani di kantor BPJS Kesehatan Deputy Sumbagteng-Jambi tersebut yang me.iputi  empat provinsi yakni Provinsi Riau, Sumbar, Kepri dan Jambi. 

Saat ini, katanya lagi, Kedeputian Wilayah Sumbagteng Jambi telah bermitra dengan 1.591 Fakses FKTP terdiri atas 747 Puskesmas dan 266 dokter praktik perorangan, 74 dokter praktik gigi perorangan dan 397 klinik pratama. Selain itu juga bekerjasama dengan dengan 185 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) terdiri atas 185 RS termasuk di dalamnya 10 klinik utama, 222 apotik serta 123 optik.

Sedangkan yang jumlah penduduk yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan termasuk PNS, TNI  Polri, peserta  mandiri (PBPU) dan JKN-KIS yang dibiayai APBN dan APBD adalah sebanyak  2.525.408 jiwa atau mencapai 62 persen, berada dibawah nasional mencapai 72 persen itu. (aby)