Pacu Jalur Uji Coba Selendang Putri 

Hari Kedua, Selendang Putri Ditantang Rajo Menambang Ular Merah


riaupotenza.com
Ketua KNPI kuansing Adam SH MH (empat kanan) saat membuka pacu jalur uji coba jalur Selendang Putri Danau Seroja

Kuansing (RPZ)--Hari pertama pelaksanaan iven Pacu Jalur ajang ujicoba di dermaga Danau Seroja, Kecamatan Benai telah usai digelar, Sabtu (30/12). Tujuh jalur melaju ke hari kedua.

Adapun jalu-jalur yang melaju ke hari kedua tersebut yakni, jalur Dek Kasak Untung Jadi dari Seberang Pulau Busuk, Selendang Putri Danau Seroja, Bocah Koriang Bukik Tarondam, Rajo Mambang Ular Merah dari Talontam Benai, Atom Kuantan Pusaka Nagori, Putri Kumayang

Linduang Daun, dan Bidadari Pelangi Indah dari Pulau Tongah Siberakun.

Kegiatan pacu jalur ajang ujicoba ini dibuka langsung oleh Ketua KNPI Kuansing Adam SH MH didampingi Ketua TBB Rohandi MPd dan Kepala Desa Tanjung Simandolak, Robinson Saswe.

Adam yang juga anggota DPRD Kuansing ini berharap iven pacu jalur bisa menjadi tempat bersilaturahmi antar masyarakat khususnya di Kecamatan Benai dan umumnya Kuansing.

"Tetap jaga sportifitas dalam meraih kemenangan, jangan sampai kegiatan pelestarian budaya ini tercemar oleh hal-hal yang tak diinginkan," ujar Adam.

Iven pacu jalur uji coba ini, kata Kepala Desa Tanjung Simandolak, Robinson Saswe, diikuti 13 jalur baik dari Kecamatan Benai maupun luar Benai. Mereka akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah dari panitia dan Pemerintah Desa Tanjung Simandolak.

"Terimakasih kepada para sponsor yang telah membantu dan mensuport kegiatan ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancarnya tanpa ada kendala," ujarnya.

Hasil undian hari kedua, jalur tuan rumah Selendang Putri Danau Seroja ditantang jalur Rajo Mambang Ular Merah dari Desa Talontam Kecamatan Benai.(cil)