13 Jalur Ikuti Uji Coba Jalur Baru Selendang Putri


riaupotenza.com
Panitia Pacu Jalur Uji Coba Desa Tanjung Simandolak sedang melakukan pencabutan undian di SDN 012 Tanjung Dimandikan, kemarin

KUANSING (RPZ) - Sebanyak 13 jalur di Kecamatan Benai ikut menyemarakkan pacu jalur uji coba yang digelar Desa Tanjung Simandolak, Sabtu-Minggu (30-31) Desember.

Iven yang digelar di tepian Dermaga Seroja, Desa Tanjung Simandolak ini digelar sempena turun mandi jalur baru kebanggaan warga Tanjung Simandolak, yakni Selendang Putri Danau Seroja.

"Dalam technical meeting kita ada 13 jalur yang mendaftar. Dua belas jalur dari Benai, satu dari Inuman," kata Ketua Panitia Pacu Jalur Uji Coba Jalur Selendang Putri Danau Seroja Firman Edi kepada wartawan kemarin.

Firman membeberkan bahwa ketiga belas jalur tersebut di antaranya, jalur Dek Kasak Untung Jadi dari Seberang Pulau Busuk, Boncah Diruang Bukik Tarondam dari Pulau Bungin, Tuah Rajo Bintang Nagori Satu Hati dari Pulau Lancang, Tanjung Baru Bermartabat dari Pekanbaru, Sembilan Langkah Putri Samudra (U16) dari Banjar Benai.

Jalur lainnya, Bayang-bayang Singa Ngarai dari Pulau Kalimanting, Atom Kuantan Pusaka Nagori dari Koto Simandolak, Sembilan Langkah Putri Samudra dari Banjar Benai, Putra Kuantan Tanjung Bungaran dari Banjar Lopak, Bidadari Pelangi Indah dari Pulau Tongah Siberakun, Putri Kumayang Linduang Daun dari Pulau Ingu dan terakhir Raji Tambang Ular Merah dari Talontam Benai.

"Meski sudah kita buka untuk luar Benai, ternyata yang ikut hanya 13 jalur. Meski begitu kita berharap pacu jalur uji coba ini berjalan lancar dan sukses tanpa kendala," katanya.

Sementara Kepala Desa Tanjung Simandolak, Robinson Saswe berharap iven pacu jalur uji coba di Desa Tanjung Simandolak bisa menjadi kegiatan rutin tahunan, sekaligus untuk melestarikan adat dan budaya pacu jalur yang menjadi kebanggan warga Kuansing.

"Kita juga optimis jalur baru kita (selendang putri,red) bisa bersaing dan menorehkan prestasi seperti masa jayanya dulu sebagai jalur penjelajah kecamatan," harapnya.

Dalam pencabutan undian yang digelar di SD 012 Tanjung Simandolak, Jumat (29/12) sekira pukul 15.00 WIB jalur tuan rumah Selendang Putri Danau Seroja ditantang Sembilan Langkah Putri Samudra (U16) dari Banjar Benai pada hilir keempat.(cil)