Berlagak dengan Seragam TNI, WNA China Akhirnya Dideportasi


PEKANBARU (RPZ) - Tiga orang warga negara asing (WNA) yang kedapatan melanggar izin berkunjung dideportasi pihak Imigrasi ke negaranya. Malahan salah satunya, Tan Jianwu sempat kepergok berlagak mengenakan seragam TNI.

Hal ini disampaikan oleh Dewa Putu Gede selaku Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau, Kamis (28/12) siang pada acara pemberian penghargaan kepada instansi dan lembaga mitra kerja dalam penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Riau. 

‘’Dua WNA lainnya sudah dideportasi, hari ini WNA yang mengenakan seragam TNI akan di deportasi,’’ katanya.

Menurut Dewa, hasil pemeriksaan petugas bentuk kesalahan yang dilakukan ketiga WNA tersebut adalah, adanya bentuk pelanggaran izin yakni harusnya mereka dalam rangka kunjungan. Namun, faktanya mereka melakukan aktivitas berdagang. 

‘’Di dalam izin visanya, mereka harusnya hanya berkunjung. Namun faktanya mereka ketahuan berdagang,’’ ungkapnya.

Tan Jianwu, seorang WNA yang sempat diamankan di Polsek Siak Hulu beberapa waktu lalu. Kini, pria 37 tahun yang sebelumnya tinggal di Km 6,5 Jalan Raya Pasir Putih, Desa Baru, Kecamatan Pasir Putih itu telah dideportasi oleh pihak Imigrasi, Kamis (28/12). Ia dideportasi karena melanggar Undang-undang Keimigrasian. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi (Kakanwilkumham) Riau, Dewa Putu Gede. “Hari ini yang bersangkutan kita deportasi, karena pelanggaran keimigrasian,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, aturan yang dilanggar oleh Tan Jianwu, terkait bekerja di Riau. Sementara visa yang dikantonginya bukanlah visa kerja, melainkan visa kunjungan. “Visa kunjungan, tapi dia bekerja,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, WNA tersebut diamankan karena menggunakan atribut lengkap seragam TNI. Atas pakaiannya yang digunakan itu, Tan Jianwu diamankan di Polsek Siak Hulu.

Belakangan diketahui, jika Tan Jianwu merupakan pekerja di PT RPS yang berlokasi di Desa Baru. Tan Jianwu memiliki Paspor bernomor G47974652. Di PT RPS itu, ia bekerja sebagai Mechanical Engineer. mxm