Cermas HUT Satuan Pengamanan ke 27 Polres Inhil

Polres Gelar Cerdas Antar-Intansi


riaupotenza.com
Para peserta Lomba Cerdas Cermat foto bersama usai berlomba.

TEMBILAHAN (RPZ) - Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Christian Rony Putra, S.I.K, M.H, didampingi oleh Kasat Binmas, AKP Alakdin Napitupulu, membuka perlombaan Cerdas Cermat antar Satuan Pengamanan dari berbagai instansi dan Perusahaan di Kabupaten Indragiri Hilir.

Lomba yang diselenggarakan di Aula Bhakti Rekonfu Polres Indragiri Hilir, Rabu, (27/12) ditaja oleh Sat Binmas Polres Indragiri Hilir, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan ke 27 Tahun 2017 Polres Indragiri Hilir.

Pada kesempatan itu Kapolres mengatakan bahwa saat ini keberadaan Satpam sangat dibutuhkan sebagai perpanjangan tangan Polri Dalam mengamankan suatu objek.

Di mana satuan pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. 

“Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian Oleh karena itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980, sangat dibutuhkan kehadirannya,”ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa personel Satpam juga harus menguasai berbagai ketrampilan yang dibutuhkan dalam mengamankan suatu instansi/objek/badan usaha. 

Ada 3 tingkat jenjang pelatihan satpam yaitu :

1. Dasar (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam.

2. Penyelia (Gada Madya), merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama.

3. Manajer Keamanan (Gada Utama), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Satpam berperan sebagai Unsur Pembantu Pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja. 

“Unsur Pembantu Kepolisian Negara di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan (security minded) di lingkungan kerjanya,” tambah kapolres.

Kapolres selanjutnya mengucapkan selamat berlomba, kepada perwakilan Satuan Pengaman, dari berbagai perusahaan di Kabupaten Indragiri Hilir.zal