Panwas Inhil Taja Rakernis Bersama Panwascam


riaupotenza.com
Suasana salah satu kegiatan pada Rakernis Panwaslu Inhil bersama Panwascam

TEMBILAHAN (RPZ) - Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Panwaslu bersama Panwascam se Kabupaten Indragiri Hilir selama dua hari.

Acara yang berlangsung Ahad (24/12) hingga Senin (25/12) di Aula Hotel Dubest Tembilahan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Inhil dan dihadiri Anggota dan Kepala Sekretariat Panwaslu serta Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Koordinator Divisi Organisasi dan SDM serta Kepala Sekretariat masing-masing Panwascam se Kabupaten Indragiri Hilir.

Adapun dalam materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut antara lain meliputi tentang Mekanisme Pembentukan PPL, Mekanisme Tahapan Pemilu Tahun 2019, Tata Cara Penanganan Pelanggaran Pemilu tahun 2019 serta Penyusunan Rencana Kerja Pengawasan Pemilu tahun 2019 yang disampaikan oleh Komisioner Panwaslu Kabupaten Inhil serta Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhil.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Kabupaten Inhil, Andang Yudiantoro SH MH menyebutkan bahwa Undang-Undang Pemilu secara tidak langsung memberikan kewenangan yang sangat luar biasa kepada pengawas pemilu. “Di samping melakukan pengawasan dan menerima laporan dugaan pelanggaran Pemilu, Bawaslu atau Panwaslu juga berwenang menyelesaikan sengketa Pemilu,” ujarnya.

“Selain itu dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 mengamanatkan peningkatan pengawasan partisipatif dan pencegahan dalam pemilu. Untuk itu, salah satu strategi pengawasan yang harus kita lakukan adalah melakukan pencegahan. Pencegahan itu menjadi strategi untuk mengurangi adanya sengketa dan pengaduan pelanggaran, makannya fungsi pencegahan menjadi hal sangat penting,” tutupnya.zid.