Hasil Kerja BNNP Riau

36 Tersangka Ditangkap, Satu Ditembak Mati, Tiga Divonis Mati


riaupotenza.com
BNNP Riau melakuan razia di sejumlah karaoke di kota pekanbaru.

PEKANBARU (RPZ) - Selama tahun 2017 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, berhasil menangkap 36  tersangka dengan 26 kasus di wilayah Provinsi Riau.

Hal tersebut langsung dikatakan oleh Kepala BNNP Riau, Brigjen Pol Wahyu Hidayat, Rabu (27/12/2017).

Barang bukti yang berhasil disita oleh pihak BNNP diantaranya, daun ganja seberat 28,97 gram, sabu seberat 5.185 kilogram dan pil ekstasi sebanyak 1.616 butir, salah satu tersangka ditembak mati.

"Penangkapan paling banyak merupakan barang dari negara tetangga (Malaysia, red) yang melalui pelabuhan tikus," katanya.

Satu orang tersangka ditembak mati dikarenakan, mencoba melakukan perlawanan saat ditangkap, dan tiga orang tersangka dihukum dengan divonis hukuman mati, itu merupakan dari 26 kasus.

"Tersangka yang ditembak mati oleh petugas, dikarenakan mencoba melawan saat hendak ditangkap oleh pihak BNNP, sedangkan 3 tersangka lainnya sampai kepersidangan dengan hukuman mati," lanjut Wahyu.

Masih dalam bentuk modus yang sama, pelaku masih menggunakan jalur air untuk menjemput barang haram tersebut. 

"Pelaku menjemput barang haram tersebut ditengah laut, dengan menggunakan jasa nelayan para, yang dibawa menggunakan pelampung dan ditarek sampai ke pelabuhan tikus," pungkasnya.

Sementara ini, pengungkapan dari pihak BNNP Riau sendiri dilapangan berdasarkan laporan masyarakat, banyak menggunakan jalur darat (mobil,red) saat pengiriman barang. 

"Untuk mengelabui petugas kita, pelaku ini memasukan sabu kedalam jok mobil, tempat speker dan dasbor. Tapi sia-sia, aksinya terlacak oleh petugas saat penggeledahan berlangsung," tutup Wahyu.sn/pi.