4 Wisata Kampar Raih Sertifikat Kemenpar RI


riaupotenza.com

KAMPAR (RPZ) - Festival Tahunan Danau Bokuok atau membersihkan Danau Bokuok telah menjadi Icon Pariwisata Kabupaten Kampar. Festival Danau Bokuok tahunan atau Maawuo Danau Bokuok tahun 2017 dilaksanakan di Desa Air Sati Kecamatan Tambang Senin, (25/12). Dalam pelaksanaannya, Bupati Kampar, H Azis Zaenal SH MM masuk ke Danau Bokuok untuk mancokau ikan bersama warga.
 
Sebelum masuk ke Danau Bokuok bersama Gubernur Riau,  Arsyadjuliandi Rachman serta masyarakat dengan menggunakan sampan dan Jala, Azis Zaenal menyampaikan bahwa agenda tahunan maawuo tersebut perlu terus dilestarikan dan dikembangkan.
 
‘’Karena dalam hal ini, potensi Destinasi wisata di Kabupaten Kampar sudah mulai banyak dilirik oleh masyarakat luar. Lihat saja saat ini, luar biasa tinggi minat masyarakat untuk berkunjung ke objek wisata Ulu Kasok XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar,’’ ujar Azis.
 
Selain itu, geliat perkembangan objek wisata Stanum yang saat ini mulai berkembang dan diminati kembali oleh masyarakat Kampar. ‘’Untuk itu, ke depan mari kita terus kembangkan potensi wisata yang ada di Kampar guna meningkatkan ekonomi masyarakat,’’ ajaknya.
 
Dalam acara Maawuo Danau Bokuok tersebut, ribuan masyarakat yang telah berada di atas sampannya masing-masing setelah tanda dimulai mancokau ikan (menangkap ikan oleh Bupati dan Gubri langsung mengayunkan jalanya masing-masing).
 
Sementara itu, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyebutkan saat ini di Kabupaten Kampar sebanyak empat warisan wisata telah mendapat Sertifikat dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Antara lain Calempong Oguong, Silat Perisai, Gasiong serta Rumah Lontiok.
 
‘’Dengam demikian sudah jelas Kampar memiliki banyak destinasi wisata. Saat ini Pemprov Riau menetapkan Kampar sebagai Destinasi Wisata unggulan Riau,’’ tutur gubernur yang akrab disapa Andi Rachman tersebut.(naz)