Tingkatkan Pelayanan Dispersip Kuansing Belajar ke Sleman


riaupotenza.com
Kadis Dispersip Kabupaten Sleman, Ir. A.A Ayu Laksmi Dewi, MM memberikan kenang-kenangan kepada Kadis Dispersip Kuansing, Drs.Azhar,MM

Kuansing (RPZ)--Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan perpustakaan dan pelayanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuansing berkunjung dan menimba ilmu ke kabupaten Sleman propinsi D.I Jogyakarta, akhir pekan lalu.

Kadis Dispersip Kuansing, Drs.Azhar,MM yang memimpin delegasi Kuansing menyebutkan, pihaknya sengaja datang ke Sleman karena kabupaten ini dinilai punya segudang prestasi di bidang pengelolaan perpustakaan.

"Oleh sebab itu, sebagai kabupaten yang baru, wajar kiranya pihaknya menimba banyak ilmu dari kabupaten Sleman ini,"ujar Azhar. 

Turut hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris Dispersip Kuansing Amrizal Sains, Kabid Perpustakaan,H. Samsius , Kabid Arsip, Adrizal dan sejumlah KASI serta staf di lingkungan Dispersip Kuansing.

Sedangkan Kadis Dispersip Kabupaten Sleman, Ir. A.A Ayu Laksmi Dewi, MM didampingi Kabid Perpustakaan, Okti Herawati,SH serta sejumlah pejabat di Dispersip Sleman mengaku tersanjung dengan kunjungan Dispersip Kuansing. 

Ayu yang mengaku tahu Kuansing lewat budaya pacu jalurnya, tak menyangka jika akan dikunjungi. Oleh sebab itu, dirinya menyambut baik dan akan memberikan sejumlah tips agar Kuansing ikut berpartisipasi di masa yang akan datang. 

"Saat ini kami dibantu oleh 6 petugas pustakawan, dalam melakukan pelayanan. Sedangkan jumlah anggota pustaka yang sudah terdaftar di perpustakaan Kabupaten Sleman, sudah lebih 6 ribu orang dengan tingkat kunjungan perhari mencapai 500 orang," ujar Ayu.

Jadi untuk meningkatkan tingkat kunjungan, yang utama harus ditumbuhkan adalah minat baca masyarakat. 

"Oleh sebab itu, upaya utama adalah meningkatkan minat baca masyarakat secara umum" katanya.

Sedangkan untuk peningkatan pelayanan, saat ini pihaknya punya mobil 3 unit mobil perpustakaan kecil, dan 2 bus besar untuk pelayanan.

"Karena itu, butuh komitmen pemerintah daerah untuk hal ini," kata Ayu.

Disarankan juga, Kuansing harus banyak menciptakan kelompok penggiat peningkatan minat baca. Diakhir kunjungan, Ayu memperlihatkan kondisi perpustakaan kabupaten Sleman yang tengah padat pengunjung.(cil)