Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Polres Rohil Gelar Ops Lilin 2017


riaupotenza.com
Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH memasang pita kepada perwakilan personil yang dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kamis (21/12).

UJUNGTANJUNG (RPZ) - Jajaran Polres Rohil, Kamis (22/12) sekira pukul 08.30 WIB melaksanaan apel gelar pasukan Ops Lilin Siak-2017. Apel gelar pasukan yang diselenggarakan di Halaman Mapolres Rohil itu dipimpin Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH.

Turut hadir dalam giat apel Ops Lilin itu, Bupati Rohil diwakili oleh Sekda Drs H Surya Arfan MSi, Dandim 0321 Rohil, Wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Rohil, Kajari Rohil, Kaden B Pelopor Brimob Manggala Juction para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Kakan Satpol PP, Kepala Jasa Raharja, Kepala BPBD, para Kepala Dinas dan undangan lainnya.

Adapun pasukan apel dari, personil gabungan Polres Rohil, para Bhabinlamtibmas, Brimob, TNI, Dishub, Satpol PP, Damkar dan Senkom. Sementara pelaksanaan giat itu ditandai dengan pemasangan pita kepada perwakilan personil terlibat pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH dalam amanatnya saat membacakan amanat Kapolri menyampaikan, adapun apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan personil pengamanan berikut sarana dan prasarana pendukungnya serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah adanya potensi serangan teror, kemacetan lalin, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta potensi konflik dalam masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh ormas,” ujar Kapolres.

Dijelaskannya, bahwa Ops Lilin Siak- 2017 ini akan dilaksanakan terhitung tanggal (23/12/17) hingga (1/1/18) mendatang, dengan mengedepankan kegiatan preventif dan didukung dengan kegiatan Intelijen dan penegakan hukum. 

“Gabungan personil  nanti hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2018, khususnya ditempat tempat ibadah dan jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan, serta fasilitas transportasi yang digunakan seperti terminal bus dan lain sebagainya.

“Adapun tolak ukur keberhasilan ini nantinya ditandai dengan terwujudnya Kamseltibcar Lantas, menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok dan tertanggulanginya dampak bencana alam,” ujar Sigit.

Kepada personil yang melaksanakan tugas, lanjut Sigit, ada bebarapa hal penekanan yaitu: 1. Petakan seluruh potensi kerawanan di masing masing wilayah dan temukan cara bertindak yang tepat.

2. Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatah konvensional yang meresahkan. 3. Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat, guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh ormas.

4.Optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat dabn lakukan terobosan kreatif.

5. Maksimalkan peran satgas pangan di masing daerah, untuk mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.  

“Selain itu perlu diperkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menutup amanatnya Kapolri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung keberhasilan penyelenggaraan Ops Lilin 2017, semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya pada kita semua,” tutup AKB Sigit.

Usai pelaksanaan apel Ops Lilin Siak 2017, Wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan SH MH bahwa selama sepuluh hari kedepan, Polres Rohil akan menurunkan sebanyak 338 orang personil yang dibantu dengan satuan samping dan Pemda dalam melakukan pengamanan Ops Lilin Siak 2017. 

Dengan mendirikan dua Pos Pelayanan dan dua Pos Pengaman serta melakukan pengamanan sebanyak 188 gereja yang melaksanakan giat natal nantinya di wilayah hukum jajaran Polres Rohil. 

“Semoga wilayah hukum Polres Rohil nanti berjalan lancar, aman, tertip, aman dan lancar, sesuai apa yang kuta harapkan bersama,” tutup Wakapolres.fen