Camat Rupat Buka STQ Tingkat Kelurahan Batupanjang 


riaupotenza.com
Camat Rupat bersama Kapolsek Rupat dan unsur upika kecamatan Rupat menekan tombol serine pembukaan STQ, (mat)

RUPAT-Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Kelurahan Batupanjang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis,Tahun  2017 berlangsung semarak. Meski STQ ini untuk tingkat Kelurahan, namun antusias masyarakat terlihat jelas menyambut perlombaan siar agama tahunan ini, Senin(18/12) kemarin. 

Kemeriahan STQ di Batupanjang terlihat  dari senarai  acara yang mengisi pada pembukaan stq tersebut yang diawali dengan kegiatan pawai takruf yang digelar pada siang harinya.Pawai takruf yang dilepas Lurah Batupanjang, Zahidin SHI telah diikuti ratusan peserta. Sedangkan pada malam pembukaan acara diisi kesenian bernuansa islami.Turut hadir pada pembukaan STQ ini Anggota DPRD Riau, Solihin Dahlan.

Diawali dengan pembacaan Alquran dan pembacaan doa, pembukaan STQ ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan Camat Rupat, Hanafi SPI M.Si, Kapolsek Rupat, AKP Masrial S Sos, Lurah Batupanjang, Zahidin SHI.

 "Ini merupakan kegiatan dalam mencari tiwalah-tilawah yang berpotensi untuk mewakili kelurahan Batupanjang ke MTQ Kecamatan Rupat tahun 2018 kata," Lurah Batupanjang, Zahidin SHi.Dengan begitu pada STQ Kelurahan Batupanjang tahun 2017 kata dia mengangkat tema "Kita tingkatkan potensi minat dan bakat generasi Kelurahan Batuanjang menuju generasi yang qurani dan berakhlakul Qarimah," ujarnya. 

Kegiatan tahun ini dilakukan dengan tujuan menumbuhkembangkan minat membaca Alqur'an pada setiap insan dan demi mempererat tali silaturahmi antar umat khususnya di Kelurahan Batupanjang sendiri. Mengenai pendanaan menurutnya bersumber dari anggaran Kelurahan Batuanjang.sumbangan masyarakat kelurahan  serta sebagian donatur di kelurahan Batupanjang.

Camat Rupat, Hanafi M.Si dalam sambutannya mengingatkan bahayanya kelompok radikal. Saat ini kelompok radikal sudah menjadi sorotan dunia, karena sudah meneror berbagai Negara. Bahkan, kelompok ini juga terus melakukan perekrutan baru untuk anggotanya. ‘’Saat ini banyak ditemui sekelompok orang yang menyandarkan perbuatan terorisme dan radikalisme tersebut kepada Islam. Padahal Islam berlepas diri dari sandaran itu, untuk itu kita harus waspada,’’ ajak Hanafi

Dirinya pun meminta masyarakat berperan aktif serta melaporkan jika ada aktivitas mencurigakan yang berada di sekitar mereka. "Semoga lantunan ayat suci alqur'an tidak hanya sebatas pada perlombaan ini saja, tetapi diharapkan dapat menjadi budaya kita yang kelak dapat terus menerus di lantunkan," ujarnya

Disampaikan atas nama Pemcam Rupat cukup berbangga hati terlaksananya STQ tingkat Kelurahan Batu panjang tahun 2017/1438 H. Dia yakin dan percaya kegiatan ini dapat meningkatkan kekompakan. Hal ini dapat dilihat dari penyelenggara ini menurut hemat saya telah dapat meningkatkan kegiatan ini. Mudahan ditahun depan akan lebih baik. Sebab bukan hanya membaca Alqur'an tetapi lebih penting pengamalannya, terutama generasi muda dalam membentengi perkembangan globalisasi," ungkapnya. (mat)