Di Pilgubri 2018

PDIP Resmi Usung Andi-Yatno


riaupotenza.com
Andi Rachman dan H Suyatno memegang SK DPP PDIP mengusung pasangan Andi-Suyatno di Pilgubri 2018.

JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung gubernur petahana Arsyadjuliandi Rachman untuk maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Riau 2018. Andi Rachman akan berpasangan dengan H Suyatno yang kini menjabat Bupati Rokan Hilir (Rohil).

Suyatno yang dihubungi Posmetro Rohil, Ahad (17/12) mengatakan bahwa hal ini sebuah dukungan yang luar biasa, karena menambah kekuatan dukungan setelah sebelumnya DPP Partai Golkar juga memberikan dukungan untuk dirinya dan Andi.

‘’Alhamdullilah terima kasih buat DPP PDIP yang telah memberikan rekom ke pak Andi dan saya. Mari masyarakat Riau bersatu bersama-sama membangun Riau yang lebih baik,’’ kata Suyatno.

Sebenarnya Golkar sudah mencukupi untuk mengusung pasangan sendiri, namun Golkar tetap menjalin koalisi kepada semua partai politik (Parpol). Bahkan atas dukungan PDIP ini membuat pasangan Andi dan Suyatno menjadi satu-satunya yang sudah dipastikan maju 2018 mendatang.

Jumlah anggota DPRD Provinsi Riau terdapat 65 kursi, maka untuk mengusung satu pasangan calon minimal 20 persen, berarti 13 kursi. Golkar saja saat ini memiliki 14 kursi.

Di bawahnya ada PDIP dan Demokrat masing-masing 9 kursi. Lalu PAN dan Gerindra sama-sama 7 kursi. 

Selanjutnya PKB 6 kursi, PPP 5 kursi. Kemudian Nasdem dan PKS 3 kursi, terakir Hanura 2 kursi.

Saat ditanya koalisi partai lain, Suyatno belum bisa bicara banyak dan masih menunggu. Intinya pasangan Andi-Suyatno siap berkoalisi dengan semua partai demi memajukan Riau.

‘’Ini langkah awal kita dari 65 kursi dan saat ini sudah 23 kursi atau lebih dsri 30 persen,’’ katanya. 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPW PDIP Riau Kordias Pasaribu, DPC PDIP se-Provinsi Riau dan Drs Jamiluddin, kader PDIP yang kini menjabat Wakil Bupati Rohil.

Jamiluddin mengatakan, hal ini sudah dijajaki PDIP Riau dan seluruh DPC dan memang menilai sosok Andi Rachnan dan Suyatno layak didukung. ‘’Pak Suyatno kader PDIP dan kita minta semua kader kompak mematuhi keputusan DPP dalam pesta demokrasi 2018 mendatang,’’ katanya.

Ia pun meminta agar semua kader PDIP di Riau, khususnya Rohil sampai ke tingkat desa berjuang untuk mendukung keputusan DPP PDIP tersebut. ‘’Banyak pertimbangan kita, baik survey maupun nantinya untuk persiapan Pileg dan Pilpres yang dimulai saat Pilgubri ini,’’ kata Jamiluddin.

Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga memuji Andi Rachman, sehingga diputuskan mendukung Andi dan Suyatno. ‘’Dia ini petahana, saya berpikir bagus. Namanya Ir Arsyadjuliandi Rachman,’’ kata Megawati.

Menurutnya, Andi Rachman merupakan gubernur berprestasi dan pernah meraih penghargaan Kaltaparu. Rahman juga disebut memilih perhatian dalam penataan kampung. 

Sementara itu, untuk calon Wagub, PDIP mengusung Suyatno mendampingi Rahman. Suyatno saat ini merupakan Bupati Rohil.

‘’Wakilnya Haji Suyatno. Dia adalah Bupati Rohil, kader PDIP, sosoknya ramah,’’ ujarnya. 

Kata Mega, Suyatno meraih juara umum dalam kategori budaya tahun 2017. ‘’Juara umum dalam kategori budaya bakar tongkang,’’ ujarnya. der