Tari Zapin Gemilang Bengkalis Tampil Memukau di TMII Jakarta


riaupotenza.com
TAMPIL MEMUKAU : Bengkalis dengan bangga tampilkan tari Zapil Riau Gemilang pada perhelatan Paket Khusus Pagelaran Seni Budaya di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (16/12) malam.(foto dok)

JAKARTA (RPZ) —Mendapat kesempatan untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan asal Kabupaten Bengkalis pada perhelatan Paket Khusus Pagelaran Seni Budaya di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  Jakarta, Sabtu (16/12) malam.

Negeri Junjungan dengan bangga tampilkan tari Zapil Riau Gemilang serta beberapa penampilan spesial yang sebelumnya telah dipersiapkan dengan matang dihadapan 5 duta besar negara sahabat.

Zapin yang bagi masyarakat Bengkalis sebaga khazanah tarian rumpun Melayu bergaya menghibur sekaligus sarat akan pesan agama dan pendidikan mampu mengajak masyarakat yang hadir menikmati setiap keindahan gerak dan lantunan syair maupun musiknya yang khas.

Perhelatan Paket Khusus Pagelaran Seni Budaya yang bertepatan dengan weekend atau akhir pekan ini membuat pengunjung yang datang dari berbagai daerah maupun kalangan usia memadati Anjungan Riau TMII semakin ramai.

Terlebih, pagelaran seni budaya ini dapat dihadiri oleh masyarakat umum tanpa dikenakan biaya alias gratis. 

Gubernur Riau,  Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin terlihat beberapa kali menepukkan tanggannya sebagai tanda suksesnya para pelaku seni menampikan pertunjukan yang memukau. 

Amril mengatakan,  warisan budaya, khususnya seni budaya tradisional yang telah menjadi kekayaan intelektual setiap daerah terlebih Bangsa Indonesia ini harus terus dikibarkan dikancah nasional maupun internasional. Maka dari itu, perlu adanya peran seluruh kalangan untuk mewujudkannya.

“Meningkatkan potensi budaya dan seni budaya itu merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya stakeholder terkait. Maka dari itu mari kita dukung pelaku seni, agar mereka semangat untuk tetap eksis dibidangnya,” ucap orang nomor satu di Bengkalis itu.

Lima Duta Besar Negara Turut Hadir

Penyelenggaraan Paket Khusus Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Bengkalis di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Sabtu (16/12) malam lalu, tidak hanya dihadiri warga asal Negeri Junjungan, namum dari lima duta besar negara sahabat.

Kelima duta besar yang hadir pada acara itu, terpesona saat menyaksikan pagelaran seni budaya. Mereka adalah Duta Besar Rusia Alexander Smirnov, Duta Besar Cheko Radomin Karlik, Duta Besar Republik Tiongkok, Tan Shu Yu, Duta Besar Libya Masoud Koshly dan Duta Besar Korea Selatan.

Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Bengkalis dibuka langsung Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman, dengan dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Plt Sekretaris Daerah Bengkalis Arianto, para pejabat tinggi pratama dan para camat se-Kabupaten Bengkalis.

Pada acara itu yang ditaja Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis serta manajemen TMII, para undangan terpesona menyaksikan berbagai penampilan seni tari dan lantunan lagu. Diantaranya, atraksi seni tari zapin Riau Gemilang yang dibawakan anak-anak muda dari Provinsi Riau.

Sementara itu, lantunan lagu nuansa Melayu disampaikan Irsya jebolan DAA dan Mahesa jebolan KDI. Para tamu semakin terpukau dengan lantunan lagu Melayu dari seniman asal Bengkalis, Usman bersama kumpulan pancaragam Senduduk Putih.

Suasana semakin semarak, ketika Usman bersama Mahase berduet menyanyikan lagu Tanjung Katung. Seluruh undangan, termasuk lima duta besar negara sahabat, ikut berjoget nuansa Melayu.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mengatakan Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Bengkalis di Anjungan Riau TMII, merupakan salah satu sarana penting untuk mempromosikan kekayaan di Provinsi Riau maupun Kabupaten Bengkalis. Salah satu kekayaan  yang dimiliki Bumi Lancang Kuning, adalah seni budaya Melayu dan potensi wisata yang ada.(kar)