Sabtu Siang, Kerajinan Tangan dan Kuliner Bengkalis Tampil di TMII Jakarta


riaupotenza.com
Bupati Amril Mukminin.(foto.dok)

BENGKALIS (RPZ) — Agenda tahunan pagelaran seni budaya yang dilaksanakan di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta bakal diramaikan dengan penampilan sejumlah seni budaya, kerajinan tangan serta kuliner dari Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan yang dilaksanaakan Sabtu (16/12/2017) malam dibuka resmi orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman. Turut mendampingi Bupati Bengkalis Amril Mukminin, serta bupati/walikota se-Riau dan 30 duta besar negara sahabat yang ada di Jakarta.

Selain seni budaya, dalam kegiatan itu juga akan diramaikan dengan para pengrajin yang membawa hasil kerajinan tangan serta kuliner.

“Selain pagelaran seni budaya, pada Sabtu siang akan digelar bazar yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Dekranasda dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Bengkalis. Dalam bazar budaya, akan menyuguhkan berbagai, seni kerajinan tangan dan kuliner,”kata Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Jumat (15/12).

Acara puncak, pada malam harinya, akan selenggarakan berbagai atraksi seni budaya Kabupaten Bengkalis. Mulai dari tarian persembahan, zapin Melayu dan lagu-lagu bernuansa Melayu yang dilantunkan artis dari Jakarta, Pekanbaru dan Bengkalis.

Amril Mukminin menghimbau kepada masyarakat asal Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis yang ada di Jakarta, untuk menyukseskan dan menyaksikan pagelaran di TMII.

“Kita himbau orang-orang tua dan saudara-saudara kita yang ada di Jakarta untuk datang ke TMII guna menyaksikan pagelaran ini,” ungkap Amril.

Tujuan dari pagelaran ini, selain sebagai upaya untuk melestarikan budaya Melayu di Nusantara, sekaligus ajang promosi seni budaya Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau pada umumnya.

“Harapan kita, melalui ajang pagelaran ini, semakin memperkenalkan Kabupaten Bengkalis di level nasional. Baik itu dari sektor budaya, potensi alam dan sumber dayanya,” ujar mantan Kepala Desa Muara Basung ini.(kar)