Pemkab Baru Serahkan RKPD dan KUA-PPAS

APBD 2018 Inhu Belum Juga Dibahas


riaupotenza.com
Anggota DPRD Inhu saat menyampaikan belum menerima RKA dan Perbup standar harga, sementara eksekutif baru mengantarkan RKPD, KUA dan PPAS saja.

RENGAT (RPZ) - Pengesahan APBD tahun anggaran 2018 belum diparipurnakan oleh anggota DPRD Kabupaten Inhu (Inhu)  bahkan tahap pembahasan pun belum dilakukan dan terus mengalami penundaan. Sebab persoalan kelengkapan dokumen yang diminta anggota DPRD Inhu masih belum selesai. 

Anggota Banggar DPRD Inhu, Suharto SH bersama sejumlah anggota dewan lainnya mengatakan,  Senin (4/12), penundaan rapat paripurna bukan menyangkut pokok pikiran, tapi lebih kepada masalah kelengkapan dokumen.

Dikatakan Suharto,  bagaimana akan melanjutkan rapat paripurna untuk pembahasan APBD tahun 2018. Kalau dokumen RKPD dan KUA-PPAS baru diterima hari Senin (4/12).  Sedangkan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan  Perbup standar harga belum juga kami terima. Sementara, dewan sudah  jauh hari menyurati pemkab untuk agar segera melengkapi dokumen pembahasan.

Sementara itu, anggota dewan lainnya, Suradi SH  mengatakan, RAPBD tahun 2018 memang sudah diterima tanggal 13 November lalu, namun RKPD dan KUA-PPAS baru diterima hari ini.

Dikatakannya, Sesuai Undang-undang 23 tahun 2014, dokumen tersebut harus diserahkan awal November agar segera dibahas dan disahkan paling lambat 30 November 2017.”Jadi bukan masalah pokok pikiran, namun menyangkut dokumen yang akan dibahas belum disampaikan ke dewan. Buktinya, dokumen tersebut baru hari ini diterima,” tegas suradi.

Sejalan dengan apa yang disampaikan anggota  Banmus DPRD Inhu Doni Rinaldi mengatakan, tahapan pembahasan sudah menjadwalkan pembahasan jauh hari dan sudah disampaikan kepada pemkab. “Banmus juga sudah menanyakan apakah seluruh dokumen sudah disampaikan, tapi baru hari ini diberikan dan itupun belum semua dokumen disampaikan,” ujarnya.  

Meski demikian, menurut Doni, rapat Banmus akan segera dilakukan untuk memastikan apakah pembahasan APBD tahun 2018 dilanjutkan atau tidak.

Demikian juga kata Anggota Dewan lainnya Halasson Sinaga dari fraksi PDIP mengatakan hal sama. Selama ini dewan bukan tidak mau membahas APBD tahun 2018, tapi dokumen yang akan dibahas tak pernah disampaikan.kus.