Kabupaten Kepulauan Meranti

Asistensi Terbayar, SAKIP Meranti Meningkat


riaupotenza.com
Sekda umumkan peningkatan nilai SAKIP pada peserta upacara.

SELATPANJANG (RPZ) - Penerimaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Istansi Pemerintah(SAKIP) dengan predikat nilai B atau baik oleh Kabupaten Kepulauan Meranti, sangat meningkat pesat jika dibanding dengan tahun lalu, yakni memperoleh nilai C, alias rendah dari yang terendah secara berturut turut.

Hal itu dinilai meningkat, setelah Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Asistensi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2017 di Kepri beberapa waktu lalu.

Ketika itu Semua Pejabat Struktural yang tersebar di seluruh OPD Meranti diberikan pemahaman secara komprehensif terkait penyusunan SAKIP, yang diharapkan dapat menyusunan rencana kegiata bermanfaat, tepat sasaran dan efisien kedepannya.

Disaat itu pemateri langsung diterjunkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara (PAN-RB) H. Azman Abnur.

Usai menggelar kegiatan itu, Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti pun sempat menargetkan atas peningkatan penilaian Sakip 2017. Tidak tanggung tanggung, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir Msi menggesa peningkatan kinerja dari nilai C meningkat menjadi B+ atau BB.

Dan target itupun di tanggapi sejalan oleh bejabat struktural yang tersebar di Kabubupatem Kepulauan Meranti. Bayangkan saja, bertepatan pada Senin (20/11) Pemda Meranti dinyatakan memperoleh nilai B oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Meski nilai tersebut kurang dari target, Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM mengupresiasi atas usaha dan kerjasama bagi seluruh jajaran pegawai Pemda Kepulauan Meranti.

"Saya sampaikan, SAKIP kita telah naik Level menjadi B, meski dibawah target yakni BB atau B+ namun hasil ini sudah cukup baik. Kedepan saya harapkan semua Kepala OPD lebih mengerti tentang apa yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekretaris Daerah saat bertindak sebagai pembina Upacara Gabungan OPD, dilingkungan Pemda Meranti, Senin (20/11) belum lama ini.

Seperti diketahui, dalam meningkatkan nilai SAKIP, yang menjadi indikator utama adalah seberapa besar OPD dapat melaksanakan program kegiatan secara akuntable, cepat, tepat, serta efisien yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, baik dari segi infrastruktur maupun sumberdaya manusia.

Namun harus didukung dengan pelaporan keuangan dan dokumentasi dilapangan yang real atau sesuai dengan fakta. "Kedepan semua OPD harus dapat meningkatkan kinerja dan pelaporanna dengan baik," ucap Sekda.

Lebih jauh dijelaskan Sekda, bukan hanya nilai SAKIP Meranti yang naik level. Dalam hal pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-udangan, Kabupaten Meranti juga meraih Level III dalam Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Daerah.

"Semua hasil itu tak terlepas dari seberapa besar pegawai mentaati peraturan dan disiplin yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Dihadapan seluruh peserta upacara tak bosanya Sekda mengingatkan kepada pegawai untuk lebih meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Terkait disiplin, menurutnya hendaklah datang diri sendiri, bukan didasari rasa takut terhadap pimpinan dan itu dinilai sejalan dengan sumpah dan janji yang telah diucapkan oleh semua pegawai.

"Dalam pelaksanaan disiplin yang terpenting adalah kesadaran kita jangan karena takut kepada atasan, semoga semua pekerjaan dapat kita laksanakan dengan baik, penuh rasa tanggung jawab," pungkas Sekda. (Adv)