Intensitas Curah Hujan Terus Meningkat

Sejumlah Desa Terendam


RENGAT (RPZ) - Masyarakat dihimbau mewaspadai datangnya banjir seiring intensitas curah hujan yang semakin tinggi, akhir akhir ini, sehingga sejumlah desa yang berada di daerah aliran Sungai (DAS) Indragiri terendam.

“Kondisi cuaca hujan saat ini dipastikan terus meningkat,

Kita terus mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah,’’kata  Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Paino SP, di Pematang Reba,  Senin (20/11).

Dikatakan Paino, semenjak sepekan terakhir ini tingkat curah hujan membuat arus sungai Indragiri semakin terus  bertambah. 

“Saat ini ketinggian air sungai Indragiri meningkat, kemarin ketika dicek tinggi air mencapai 6,9 Meter, sekarang sudah lebih dari mencapai itu. Sementara untuk tingkat siaga 3, umumnya mencapai 6,40 meter. Kemungkinan saja ini terus bertambah karena hujan susulan,” kata Paino , Senin (20/11/2017).

Untuk itu, katanya masyarakat diharapkan untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah, terutama bagi warga yang tinggal dekat dengan pinggiran Sungai Indragiri.

“Semalam saya mendapat kabar bahwa ada rumah warga di Sungai Beringin ambrol karena pondasinya roboh terendam banjir. Saya sudah cek ke lokasi dan juga sudah saya sampaikan kepada instansi terkait untuk membantu membiayai perbaikan rumah warga tersebut, karena dari pihak kita sendiri tidak memiliki anggaran untuk itu,” ujarnya.

Masih kata Paino, kondisi curah hujan yang meningkat memang sudah banyak yang terkena imbasnya (Terendam Banjir,red), contohnya di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat dan Desa Sungai Beringin, Sungai Raya dan desa-desa dekat pinggiran sungai Kecamatan Rengat.

“Saya imbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya(kus).