Loading Premium di Meranti, Kapal Bumdes Kampar Meledak


riaupotenza.com

SELATPANJANG RPZ--Tepat di ponton APMS Meranti Sejahtera Kepulauan Meranti, Minggu (19/11) sekira 11:15 WIB, Satu unit kapal milik Badan Usaha Desa (Bumdes) Cahaya Desa Sungai Upeh Kuala Kampar, Kabupaten Pelelawan Riau, meledak saat loading premium. 

Atas tragedi itu, usai kejadian, seorang Kapten Kapal serta dua orang anak buah kapal (ABK) terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti. 

Pantauan wartawan, salah seorang awak kapal yang dilarikan ke RSUD tersebut mengalami luka bakar yang amat serius, sedangkan dua orang lainnya hanya mengalami luka ringan. 

Diceritakan Kepala Gudang APMS Meranti Sejahtera, Jupri, membenarkan kejadian tersebut. Disaat kejadian, ia mengaku sedang berada di Gudang APMS. Sedangkan beberapa rekannya melakukan proses loading muatan di dermaga, alias lokasi kejadian yang tidak jauh dari gudang.

Tiba tiba, bak tersambar petir, suara dentuman serambi getaran pun terjadi. Setelah Ia melihat di cctv gudang, lokasi ponton berasap. Tidak mau menunggu, Jupri dan beberapa temannya begegas ke dermaga. 

Di Dermaga ia pun melihat tiga orang tergeletak tidak berdaya. Yang terakhir diketahui adalah awak kapal. 

"Ketika kejadian itu saya digudang, kalau tidak salah terdapat tiga orang teman saya memang sedang melakukan proses loading muatan premium di ponton. Tiba tiba terdengar suara ledakan, gudang inipun sempat bergetar. Saya cek cctv lokasi dermaga banyak asap, dan saya langsung ke sana. Sampai disana saya lihat tiga orang korban tergeletak," ungkapnya.  

Terpisah, Manager APMS Meranti Sejahtera Kepulauan Meranti, Rahim Atan, membeberkan, tiga orang korban beserta kapal yang rusak akibat ledakan itu adalah milik Bumdes Cahaya Sungai Upeh Kuala Kampar, Kabupaten Pelelawan Riau. 

Ungkapnya lagi, tadinya kapal kayu tersebut mau membawa premium ke Sungai Upeh, Kuala Kampar Pelelawan. Namum saat loading terjadi ledakan, yang menumbulkan tiga orang korban jiwa. 

"Tadinya premium yang dibeli dari kami ini akan dibawa ke Kuala Kampar Riau. Yang jelas keseluruhan korban adalah awak kapal," ungkapnya," ujarnya. 

Dan ini bukan kegiatan yang pertama, menurutnya, Bumdes Sungai Upeh ini memang kerap memasok premium dari pihaknya, yakni APMS Meranti Sejahtera. Dalam sekali transaksi diungkapkan Rahim, muatan yang dibawa bisa mencapai 60 sampai denga  70 drum premium, per tripnya.

"Mereka memang sering ambil minyak dari kita, sekali bawa itu kadang bisa mencapai 60 sampai 70 drum," ungkapya

Dari informasi yang diterima, sejumlah korban itu adalah Jafar selaku Kapten Kapal, serta dua orang ABK diantaranya, Nofikri dan Mustofa. 

Saat dilansir,  kejadian ini masih ditangani oleh pihak penegak hukum setempat.(Wir).