4,5 Kg Ganja dan 80,12 Gram Sabu Disita


riaupotenza.com
Kapolres Dumai ekspos penangkapan sabu dan ganja.

DUMAI (RPZ) - Upaya pihak kepolisian dalam memberantas peredaran narkotika terus ditingkatkan. Dalam waktu 2 hari, Kepolisian Resort Dumai berhasil mengamankan 4,5 kg narkotika jenis daun ganja dan 80,12 gram narkotika jenis sabu.

Selain tersangka petugas mengamankan 2 tersangka yakni ES (38) warga Jalan Natuna, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota dan Sa (55) warga jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur yang diamankan secara terpisah.

Kapolres Dumai AKBP Retika Pardamean Nainggolan dalam relisnya membenarkan adanya pengungkapan perkara penyalahgunaan narkotika jenis daun ganja kering dan sabu tersebut.

“Kedua tersangka yang diduga pengedar sabu tersebut kita amankan secara terpisah usai polisi melakukan upaya penangkapan dengan menyamar sebagai pembeli terlebih dahulu untuk memancing para tersangka keluar,” ujar Kapolres.

Diterangkan Kapolres ditangkapnya kedua tersangka bermula dari adanya laporan masyarakat yang menyatakan kalau tersangka Sa merupakan salah seorang pengedar narkotika jenis daun ganja kering.

“Dari informasi warga tersebut anggota kita di lapangan melakukan penyamaran dengan berpura pura sebagai pembeli. Memancing tersangka Sa akhirnya terjadi kesepakatan transaksi ganja kering antara tersangka Sa dan pihak kepolisian,” terang Kapolres.

Dikatakan mantan Kapolres Siak ini setelah sepakat akhirnya anggota di lapangan dan tersangka memilih pintu masuk utama Taman Bukit Gelanggang di Jalan HR Soebrantas untuk lokasi transaksi dan tepat pukul 17.00 WIB tersangka akhirnya datang di lokasi dan dia makan petugas yang sudah stanby di lokasi.

“Dari hasil penangkapan tersangka petugas lantas melakukan pengembangan dan menggeledah kediaman tersangka serta ditemukan barang bukti berupa 1 Kg ganja kering dan 5,2 gram sabu,” tambahnya.

Setelah mengamankan tersangka di Mapolres Dumai tersangka Sa mengaku barang haram tersebut didapatnya dari tersangka ES warga Jalan Natuna, Kecamatan Dumai Kota. 

“Mendapatkan informasi tersebut tim kita di lapangan langsung bergerak cepat mendatangi rumah tersangka ES dan di sana kita mengamankan barang bukti 3,5 Kg ganja kering serta 50,64 gram sabu didalam kotak yang ditemukan di dalam kamar rumah tersangka,” terang Kapolres.

Dari ketarangan tersangka EK barang haram tersebut didapat dari GA warga Duri, Kabupaten Bengkalis yang saat ini dalam pengejaran. “Kini tersangka dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Dumai dan untuk mereka akan kita jerat dengan pasal 114 junto pasal 112 junto pasal 111 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” tegas Kapolres.mxu