Usai Berdoa di Makam Sultan Syarif Kasim II, AHY: Waw... Ganteng Banget Raja Siak


riaupotenza.com
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSI

SIAK - Usai makan siang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSI, melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II berserta keluarga di Siak Sri Indrapura, Ahad (5/11). Putra sulung SBY itu tampak khusuk berdoa sambil duduk bersila. Sesaat, AHY melengakkan kepala memandang ke atas. Dalam hitungan detik, dia menatap lurus seraya menghela napas dan menyebutkan, "Allahu Akbar."

Setelah berdoa di makam Sultan Syarif Kasim II, AHY bersama Syamsuar berjalan kaki untuk menabur benih ikan di tepian Sungai Jantan, yang berada di belakang makam. Tak banyak yang bisa mengikuti langkah Syamsuar dan AHY, lantaran ponton sebagai tempat menabur ikan kapasitasnya tak begitu ramai. Menyiasati hal ini, tim AHY dan Humas Pemkab Siak terpaksa menggunakan dua pompong untuk mengabadikan moment tersebut dari dalam sungai.

Rangkaian acara berikutnya, AHY dan Syamsuar berkunjung ke Istana Siak. Namun langkah mereka terhenti di gerbang Masjid Syahabuddin lantaran sejumlah warga sibuk minta foto bersama dan selfie. Sebelumnya, AHY terlebih dahulu meminta untuk foto berdua dengan Syamsuar. Di dalam Istana Siak, setelah mengisi buku tamu, AHY sempat bertanya soal prasasti di Istana Siak dan ternyata di atas batu itu ada tanda tangan Presiden SBY, tertanda dilaksanakan Restorasi Istana Siak. 

"10 tahun lalu Pak SBY yang menandatangani pemugaran Istana Siak ini," kata Syamsuar dan AHY menganggukan kepala. Pada kesempatan itu, Syamsuar juga menyerahkan lukisan Sultan Syarif Kasim II. "Ini Sultan Siak terakhir," kata Syamsuar. "Waw... ganteng banget Raja Siak. Terima kasih banyak," kata AHY usai menerima buah tangan dari orang nomor satu di Siak itu. Syamsuar juga menyerahkan miniatur Jambatan Siak dan mengajak AHY melihat isi istana kerajaan Melayu Islam tersebut. 

AHY begitu matan melihat peninggalan sejarah Siak sehingga setiap peninggalan yang dilihatnya ditanya pada guide. Sayangnya, kunjungan putra sulung ini agak terganggu lantaran wisatawan yang mengetahui kehadirannya sibuk minta foto bersama, terpaksalah dilayani. Setelah "mencuci mata" menjelahi isi Istana Siak, AHY menanam pohon di depan istana. Selanjutnya dia bersilaturahmi dengan ribuan masyarakat Siak di Taman Maharatu.RPZ