Wabup Hadiri Peringatan Hari Santri


riaupotenza.com

Wakil Bupati Rohil Drs Jamiludin menghadiri acara zikir dan salawat yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rohil di Lapangan Pujasera Bagansiapiapi, Ahad (22/10) malam.

Ketua GP Ansor Rohil Mukim Prayoga SPdI menerangkan, kegiatan itu digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional 2017 bersama dengan sejumlah pihak di antaranya PC Nahdlatul Ulama, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil, dan Group Hadroh AL-Muna Al-Banjari Bagansiapi-api.

Rohil berzikir dan bersalawat itu mengangkat tema “Meneguhkan Peran Santri Dalam Bela Negara Menjaga Pancasila dan NKRI”, dengan mengundang Kiyai Musaffa Abdul Majid Pimpinan Khalifah Naqsyabandiyah dari Sumatera Selatan, dan Kiyai Rusdi Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Quran di Teluk Kuantan.

Mukim berharap, momentum Hari Santri ke depan diharapkan para santri bisa mewarnai tata kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu juga diharapkan dari santri-santri tersebut lahir pemimpin-pemimpin yang religius, punya pemikiran maju dan mempunyai bekal dalam membangun daerah ini.

‘’Artinya dalam istilah tradisional tidak hanya bisa membaca kitab kuning dan hanya bisa urusan agama semata, tapi ke depan diharapkan santri-santri kita ini lahir pemimpin-pemimpin yang akan meneruskan estafet kepemimpinan kebangsaan di negara kita ini. Karena sejarahnya sudah cukup memberikan bukti bahwa santri-santri juga ikut berperan dalam rangka memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajahan,” kata Mukim.(adv/b)