Terapkan Parents as Teacher

SMA Islam As-Shofa Tingkatkan Mutu Pendidikan


riaupotenza.com
GURU-Salah seorang orang tua siswa bertindak sebagai guru dalam penerapan pembelajaran bertajuk Parents as Teacher di SMA Islam As-Shofa, belum lama ini.

PEKANBARU (RPZ) - SMA Islam As-Shofa yang berada dibawah naungan Yayasan As-Shofa Pekanbaru terus menggencar serta concern dalam memperbaiki mutu pendidikan di sekolah. Berbagai upaya pun dilakukan, termasuk salah satunya melibatkan orangtua siswa untuk bersama-sama ikut terlibat mencerdaskan peserta didik.

Hal ini dibuktikan dengan melakukan pola pembelajaran dengan sistem,”Parents as Teacher,” yang dilaksanakan dimasing-masing kelas. Bukan seperti dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) biasanya, saat itu yang menjadi guru dan pengajar adalah dari pihak orang tua murid. Para orang tua murid dari berbagai profesi ini diberi kesempatan untuk masuk ke kelas-kelas untuk mengajar dan memberikan ilmu.

   Kepala SMA Islam As-Shofa Hj Eli Agustina MPd melalui Wakil Kepala Sekolah dibidang Perencanaan dan peningkatan mutu sekolah (P2MS) Vera Kalsum SPd mengungkapkan bahwa pola pembelajaran “Parents as Teacher,” yang diterapkan ini dianggap efektif karena akan memberikan suasana baru kepada peserta didik serta meningkatkan hubungan silaturrahim antara orang tua siswa dan pihak sekolah.

“Pada kegiatan ini, orangtua/wali murid, ikut masuk ke kelas untuk mengajar dan memberikan ilmu ataupun motivasi kepada siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi pada kegiatan ini juga, orangtua/wali murid berinteraksi secara langsung, melihat, mendengar, dan merasakan, serta menilai dari sudut pandang yang berbeda. Tentunya ini merupakan pengalaman yang baru bagi para peserta didik yang mungkin belum tentu mereka dapatkan pada kesempatan yang lain,” ungkap Vera Kalsum, Jumat (29/9).

Berkat dukungan sepenuhnya dari orang tua siswa, pihak sekolah mengaku senang.(eld)