Antisipasi Penjualan Pil PCC Ilegal

Polisi dan Diskes akan Razia


riaupotenza.com
Arif Bastari

RENGAT (RPZ) - Dalam waktu dekat polisi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Pemkab Indragiri Hulu (Inhu) akan menggelar razia pil PCC ilegal. Razia digelar dalam rangka pencegahan penyalahgunaan obat terlarang PCC di Kabupaten Inhu.

Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari SIK MH, Senin (25/9) mengatakan, terkait isu nasional teror obat PCC di Kabupaten Inhu hingga kini belum ditemukan kasus penyalahgunaan obat tablet Paracetamol, Caffeine, and Carisoprodol (PCC) ilegal.

Namun demikian, kata Kapolres, motivasi penyalahgunaan obat PCC yang berlebihan tanpa resep dokter akan dicegah dan akan melakukan koordinasi bersama stakeholder terkait.

Antara lain, Dinas Kesehatan, Apoteker, Farmasi hingga sosialisasi bahaya penyalahgunaan obat PCC kepada masyarakat khususnya remaja usia produktif ke sekolah-sekolah.

Dijelaskannya, salah satu ciri-ciri anak yang mengonsumsi obat ilegal PCC mengalami efek kejang, mengamuk, hingga bertingkah seperti zombi.

Maka dari itu, imbau Kapolres, seluruh orangtua harus waspada dan mewanti-wanti anak untuk menjauhi pemakaian obat PCC atau tidak serta merta menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pemkab Inhu, M Yunus didampingi Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan dan Kefarmasian, Elda, mengatakan  melihat sinyal dari Polres Inhu untuk melaksanakan razia PCC ke seluruh apotik dan toko obat di Inhu.

‘’Rencananya dalam minggu depan,’’ jawab M Yunus dan Elda, Ahad (24/9).

Kadiskes dan Kabid menjelaskan, obat PCC bukanlah obat keras tapi dilarang beredar atau tidak dibenarkan dijual. Urgensi pelarangan edar dan jual obat PCC di tengah masyarakat dikarenakan adanya kekhawatiran penyalahgunaan obat PCC berlebihan.

Sebab di dalam tablet PCC tidak saja hanya unsur Paracetamol sebagai obat penahan nyeri dan pegal-pegal tapi ada unsur kimia Caffeine, and Carisoprodol.

Intinya, di setiap obat kimia itu ada racunnya yang apabila pemakaiannya berlebihan akan berdampak over dosis termasuk obat batuk Dextro yang apabila dikonsumsi berlebihan akan berdampak mabuk akibatnya over dosis,’’ papar Elda.kus.