Ingin Udara Segar, Kopel Demo PT IKPP 


RIAU (RPZ)- Sejumlah massa mengatasnamakan Koalisi Peduli Lingkungan (Kopel) Kabupaten Siak, akan melakukan demonstrasi ke PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Rabu (20/9) besok.

Rencananya pendemo akan memulai aksi sekitar pukul 10.00 WIB. Aksi digelar di dua titik yakni di PT IKPP dan Mapolda Riau di Pekanbaru.

Adapun rencana aksi dilakukan protes terhadap dugaan kasus pencemaran lingkungan akibat PT IKPP tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Kopel Siak, Syadra Hera pada Wartawan, Selasa (19/09/17) malam.

"Kami menyampaikan melalui unjuk rasa  terkait sejumlah kasus pencemaran yang diduga terjadi akibat operasi PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP)," kata Syadra.

Dia mengatakan, massa yang akan turun melakukan protes ada ratusan termasuk elemen masyarakat, yang resah dengan pencemaran lingkungan.

‎Massa gabungan ini, lanjut dia, terdiri dari DPD Laskar Melayu Rembuk Kabupaten Siak, DPD LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) dan Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS)‎.

Menurut Syadra, masyarakat Siak khususnya di Kota Perawang, sudah lama merindukan udara segar dan mendapat sinar matahari yang cerah di setiap pagi harinya. Namun terhalang oleh kepulan asap.

"Hampir setiap pagi, kepulan asap berbentuk bola-bola raksasa. Sinar matahari tak lagi bisa kami rasakan dengan baik, belum lagi bau tak sedap yang menyengat," katanya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian Polresta Pekanbaru, terkait aksi demo tersebut.

"Kami juga sudah melapor ke Polda Riau dengan surat Nomor : LP/193/IV/2017)SPKT/Riau tgl 28 April 2017," tambah Syadra.(don)