TNI AU dan RSAF Sukses Buat Formasi 50 dan Arrow Head


riaupotenza.com
Kasau, Hadi Tjahjanto dan Chief Of Air Force RSAF, Mervyn Tan saat disambut Danlanud Rsn Pekanbaru, Age Wiraksono usai Rising 50 di Singapura, Kamis (7/9). Foto Idon Tanjung

RIAU (RPZ)- Kamis (7/9), telah berlangsung peringatan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Singapura atau Rising 50 di Marina Bay Cruise Centre (MBCC) Singapura.

Beberapa rangkaian kegiatan diadakan sejak pagi seperti flypast dan acara lainnya.

Flypast Rising 50 disaksikan langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Usai melaksanakan flypast di Singapura, rombongan TNI AU dan Republic Of Singapore Air Force (RSAF) langsung terbang ke Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Riau, landing sekitar pukul 14.45 WIB.

Dalam rombongan itu, tampak Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau),  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP bersama Chief Of Air Force, Republic Of Singapore Air Force (RSAF), Major General Mervyn Tan disambut oleh Danlanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono dan TNI AU dan ditampilkan tari persembahan.

Dalam kegiatan flypast tersebut, disambut meriah oleh masyarakat Singapura. Sebab beberapa tampilan formasi pesawat tempur kedua negara itu sangat memukau.

Hal ini diakui oleh Komandan Skadron 3 Lanud Iswahyudi, Letkol Pnb Yoga Ambara selaku Flight Leader flypast pesawat tempur TNI AU.

"Kami tidak dapat melihat antusias masyarakat Singapura. Tapi setelah kami flypast, beredar di media massa dan media sosial, animo masyarakat disana sangat besar," ungkap Yoga kepada riaupotenza.com.

Menurut dia, pada pelaksanaan flypast ini cuaca cukup bagus dan mendukung, sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

"Pas kami sampai di wilayah udara Singapura, cuaca sangat mendukung. Jadi kami dapat melintas dan saling bertemu membuat formasi," katanya.

Yoga menyebutkan, flypast dengan membuat formasi antara Indonesia-Singapura pertama dalam sejarah.

"Jadi ini pertama kali dalam sejarah kita Indonesia, demikian juga Singapura," ujar Yoga.

Adapun formasi-formasi dalam flypast kata dia, diantaranya arrow head atau kepala panah dan angka 50, menandakan hubungan bilateral Indonesia-Siangapura.

Suksesnya acara flypast, para penerbang pesawat tempur mendapat pujian dari Kasau, Hadi Tjahjanto.

"Beliau senang dan bangga dengan penampilan kita berjalan dengan lancar," ujar Yoga.

Senada dikatakan Commanding Officer 140 Squadron RSAF, Letkol Tan Hwee Roy.

Dia juga mengaku bangga dengan terlaksananya kegiatan flypast Rising 50 tersebut.

"Berjalan dengan lancar. Semua formasi dapat kita lakukan dengan sempurna dan menghibur masyarakat Singapura," ungkap Tan Hwee Roy.

Sebelum flypast, dia mengaku sempat khawatir terhadap cuaca. Tapi setelah mengudara cuaca sangat mendukung sehingga formasi berjalan lancar.

"Memang formasi ini pertama kali kita lalukan dalam memperingati 50 tahun hubungan bilateral dengan Indonesia. Berjalan dengan maksimal," tambahnya.

Untuk diketahui, dalam flypast itu melibatkan 25 pesawat tempur TNI AU dan RSAF.

Diantaranya, 10 pesawat F-16 TNI AU dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi Madiun dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, kemudian 10 pesawat F-16 dan 5 pesawat F-15 dari RSAF.

Berita sebelumnya, beberapa kali pesawat tempur TNI AU dan RSAF mengadakan latihan di wilayah udara Kota Pekanbaru, sebelum tampil pada Rising 50 di Singapura.(don)