Tiga Pencuri Spare Part Alat Berat Ditangkap


riaupotenza.com
TIGA tersangka pencuri spare part alat berat diamankan polisi.

ROKANHULU (RPZ) —Tiga dari lima kawanan sepesialis pencuri spare part alat berat di Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu diciduk polisi. Sementara dua yang kabur, sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang.

Tiga tersangka ditangkap di lokasi berbeda, Kamis (24/8). Di antaranya DH alias Dedek (19) warga Jalan Baru PT  EMA, Kecamatan Kepenuhan, AWS alias Aji (19) dan MAP (23) warga Desa Bandar Tonga, Kecamatan Bandar Huluan.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui Paur Humas Ipda Suheri Sitorus mengatakan, ketiga tersangka ditangkap atas Laporan Polisi Nomor: LP/59/VIII/2017/Riau/Res Rohul tanggal 23 Agustus 2017.

Awalnya, Selasa (22/8) pukul 18.30 WIB, Masrum menerima telepon dari pemilik alat berat H Rizal. Penelpon mengabari bahwa spare part alat berat merk Cat miliknya di Bukit Tunggal Dusun Kampung Baru II, Desa Pekan Tebih, Kecamatan Kepenuhan Hulu hilang dicuri orang.

“Masrum kemudian menghubungi Polsek Kepenuhan untuk memberitahukan kejadian. Selanjutnya pukul 21.30 Wib, Polsek Kepenuhan datang ke lokasi melakukan penyelidikan,” sebut Ipda Suheri.

Spare part yang hilang di antaranya komputer panel dan satu set peralatan kunci alat berat. Kerugian ditaksir Rp200 juta.

Pada Kamis (24/8), Polsek Kepenuhan mendapat informasi identitas pelaku. Pelaku berinisial DH alias Dedek yang sedang berada di Jalan Baru PT EMA kemudian ditangkap.

Tersangka yang diperiksa polisi kemudian mengakuinya. Katanya, aksi dilakukan bersama Aji, Agus serta dua yang masuk DPO yakni Tuyul dan Yuhandri.

Aji dan Agus kemudian berhasil ditangkap pada pukul 23.30 WIB di Jalur 6 Desa Muara Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu. “Kedua tersangka mengaku bahwa barang bukti belum dijual dan diletakkan di kebun sawit milik masyarakat,” terangnya.

Dari ketiga tersangka, polisi menyita barang bukti komputer dan panel komputer alat berat merk Cat, sepeda motor Honda Beat warna putih dan Yamaha RX King warna hitam.

“Ketiga tersangka beserta barang bukti sudah dibawa ke Polsek Kepenuhan untuk diproses lebih lanjut. Sementara dua lagi yang masih buron, tengah dilakukan pengejaran,” tutup Ipda Suheri. ***