Jatuh ke Parit, Tiga Rampok Nasabah Bank Tertangkap


DUMAI (RPZ) - Sempat meletuskan senjata api keatas sebagai peringatan, tim Opsnal Satreskrim Polres Dumai berhasil menangkap tiga dari lima kawanan spesialis perampok nasabah bank.

Tiga orang warga Bengkalis diduga pelaku pencurian uang nasabah bank di sejumlah tempat berbeda di wilayah hukum Kota Dumai diamankan, Jumat (18/8) di Jalan Garuda Simpang Murini, setelah sebelumnya sempat berusaha kabur dari kejaran petugas.

Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting menyebutkan, tiga orang ini sempat berusaha kabur saat disergap polisi dengan memacu laju sepeda motor kecepatan tinggi, namun di tengah pengejaran itu, pelaku terjatuh ke dalam selokan dan langsung dilakukan penangkapan.

‘’Mereka diduga pelaku pencurian uang nasabah bank dan saat ditangkap berusaha melarikan diri namun terjatuh dari kendaraan dan akhirnya bisa ditangkap,’’ kata Kapolres Donald, Sabtu.

Dikatakan, tiga pelaku diamankan di Kecamatan Bukit Kapur Dumai ini yaitu, masing masing inisial LS (24), IHN (33) dan GLS (32) merupakan warga Kabupaten Bengkalis, namun tiga rekan lain masih berkeliaran dan belum tertangkap.

Kronologis penangkapan, lanjutnya, pada Jumat sekitar pukul 16.00 WIB tim mengikuti pelaku diduga sedang memantau di setiap bank di Kota Dumai, dan berusaha kabur karena melihat keberadaan polisi di sekitar lokasi.

‘’Mereka kerap beraksi secara berkomplotan sekitar lima orang dengan mengendarai sepeda motor, dan tersangka bersama barang bukti kini diproses lebih lanjut,’’ ujarnya.

Aksi pencurian ini diungkap polisi setelah dilaporkan korban, yaitu Yoyok (45) wiraswasta warga Jalan Sei Masang Kelurahan Buluh Kasap, Dewi Herfani (29), warga Gang Al Amin Kelurahan Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis dan M Raldi Saputra (20), warga Jalan Jaya Indah Kelurahan Jaya Mukti.

Beberapa lokasi kejadian, yaitu, Jalan Sei Masang Kelurahan Buluh Kasap, Jalan Budi Kemuliaan Kelurahan Rimba Sekampung dan di depan sebuah rumah Jalan Takari Kelurahan Sukajadi Dumai.

Adapun barang bukti yang diamankan, yaitu dua unit sepeda motor, empat telepon genggam dua jaket dan dua tas. ‘’Sekarang ini anggota kita sedang mengejar dua lagi pelaku perampokan tersebut,’’ AKBP Donald.***