Kena Cangkul Saat Mencari Cacing

Heboh! Warga Temukan Bom Aktif


riaupotenza.com
Serka Rimbang mengamankan bom aktif berupa mortir yang ditemukan warga di Simpang Jepang RT 08, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai.

DUMAI (RPZ) - Warga Simpang Jepang RT 08, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai dibuat geger. Di lingkungan tempat tinggal mereka ditemukan bom aktif yang diduga sisa peninggalan zaman perang, Ahad (13/8) Sekira Pukul 16.00 WIB. 

Bom aktif itu ditemukan Niswanto. Mulanya pria 60 tahun yang sehari-hari sebagai sopir ini mencari cacing di belakang rumahnya untuk umpan pancing.

Saat menggali tanah, cankul yang diayunkannya menghantam benda keras berupa lempengan besi. Karena curiga, lelaki yang akrab disapa Wak Anis itu memeriksa benda yang mengenai cangkulnya tadi.

‘’Saya terkejut begitu melihat ada benda bulat sebesar lengan tangan orang dewasa menyerupai sebuah pesawat tertancap lurus ke atas,’’ terangnya saat ditemui riaupotenza.com di rumahnya.

Mengatahui benda tersebut berbahaya, Wak Anis langsung meletakkanya  di tempat yang aman. Lalu menghubungi temannya Serka Rimbang yang bertugas di Koramil 02 Bukit Kapur untuk memberitahukan bahwa dirinya telah menemukan mortir aktif di belakang rumahnya. 

Dari mulut ke mulut, warga yang mendapat informasi penemuan bom tersebut berdatangan ke lokasi kejadian. Mereka ingin melihatnya dari dekat.

Menurut Serka Rimbang, mortir itu diduga peninggalan zaman Jepang. Walau sudah termakan waktu puluhan tahun, namun bom itu masih aktif. Jika terbakar, amunisi di dalamnya dapat meledak.

‘’Daya ledaknya mematikan. Bom ini mampu mencapai radius 30 meter dan sementara jarak melukainya bisa mencapai 50 meter, bahkan lebih,’’ jelas Serka Rimbang.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengamankan mortir tersebut ke Polsek Bukit Kapur. Kini polisi masih menyelidiki asal usulnya. ***