Buser Ringkus Pelaku Curat di Ujung Batu


riaupotenza.com
Tersangka RS saat ditangkap Tim Buser di Ujung Batu bersama barang bukti.

ROHUL (RPZ) - Tim Opsnal Satreskrim Polres Rokan Hulu (Rohul) berhasil ringkus seorang pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) atau maling, beraksi di rumah korban Rukmini (49), warga Bukit tungku, Desa Ujungbatu Timur, Kecamatan Ujung Batu. 

Pelaku adalah pria berinisial RS (25), warga Kecamatan Ujung Batu. Dalam aksinya, pelaku RS berhasil menggondol 1 unit Laptop mereke Acer, 1 Handpone merek Advan dan 2 kunci Sepeda Motor milik korban Rukmini.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui anggota Humas Polres Rohul Bripka Pahrial mengatakan, penangkapan RS berdasarkan laporan korban Rukmini yang mengaku rumahnya telah dimasuki maling dan kehilangan beberapa barang berharga.

Awal kejadiannya, jelas Pahrial, pada hari Kamis (10/8) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, pelapor Rukmini terbangun dari tidurnya untuk lakukan ibadah sholat, saat itu dia mendengar suara seperti orang berjalan. Namun ia berfikir bahwa itu adalah suara langkah kaki anaknya.

‘’Pelapor coba memanggil anaknya, namun tidak menjawab. Kemudian tidak mengecek langsung, tapi tidak ada orang. Namun alangkah kagetnya pelapor melihat jendela serta pintu rumahnya dalam keadaan terbuka lebar,’’ kata Bripka Pahrial.

Karena khawatir rumahnya sudah dimasuki maling dan telah terjadi hal yang tidak diinginkan, pelapor langsung mengecek kamar kos miliknya. Alhasil, apa yang ditakutkan telah terjadi, Laptop, handpone dan kunci sepeda motor milik anak kosnya telah hilang digondol maling.

‘’Kemudian, keesokan harinya ia melapor ke polisi,’’ jelas Pahrial.

Setelah menerima laporan itu, tim Opsnal Satreskrim Polres Rohul bergerak cepat, dalam penyelidikan, dikantongi sebuah nama yakni pria berinisial RS, yang diduga sebagi pelaku yang telah melakukan pencurian di rumah pelapor Rukmini.

‘’Dan sekitar pukul 09.00 WIB pagi, RS diringkus di salah satu rumah kontrakan di Desa Tanah Datar, Kecamatan Ujung Batu. Yang bersangkutan langsung digelandang ke Mapolres Rohul,’’ ungkap Pahrial.

Setelah dilakukan interogasi terhadap RS, dia mengakui semua perbuatannya. Dari pengakuannya lagi, bahwa dia tidak sendiri, dia beraksi beraksi bersama temannya AM yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Rohul.

Saat diinterogasi, Pelaku RS juga menerangkan cara mereka masuk ke dalam rumah korban Rukmini yakni dengan cara mencongkel jendela rumah menggunakan kunci pas yang telah dimodifikasi atau dilancipkan, setelah mengambil barang berharga mereka kabur melalui pintu belakang.

‘’Dari tangannya Polisi sita barang bukti berupa laptop acer dan kunci pas yang telah dilancipkan. Sementara handpone Advan diakuinya masih ditangan DPO AM,’’ tutup Pahrial menerangkan, polisi masih lakukan pencarian terhadap DPO AM.***