Satu-satunya di Sumatera Bupati Pelalawan Terima Anugerah Budhipraja


riaupotenza.com
Bupati HM Harris bersama Dirjen Pengembangan Inovasi Kementerian Ristekdikti, Sekretaris Utama BPPT, dan Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi usai menerima penghargaan Budhipraja di Makassar 

MAKASSAR (RPZ) -Torehan prestasi kembali dipetik putera terbaik Kabupaten Pelalawan. Adalah Bupati Pelalawan HM Harris kembali meraih penghargaan prestise terhadap dedikasinya membangun Kabupaten Pelalawan. Setelah menerima Satyalencana Pembangunan dari Presiden RI Jokowi belum lama ini, teranyar Bupati Pelalawan menerima  Anugerah Budhipraja dalam rangkaian puncak acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) Ke-22 Tahun 2017 dari Kemenristek RI.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan, Ir M Syahrul Syarief,M.Si, Jumat (11/8) penghargaan yang diterima oleh satu-satunya putera asal Sumatera yang diwakili oleh Bupati Pelalawan HM Harris dari  Provinsi Riau berlangsung di Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Kamis (10/8).

Anugerah Budhipraja tahun 2017 sebut  Syahrul diserahkan langsung oleh Menteri Ristekdikti RI  Prof H M Nasir, Ph.D.Ak yang diawali pembukaannya oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla.

HM Harris,  adalah satu-satunya Kepala Daerah penerima Anugerah dari Kabupaten dan Kota Se Provinsi Riau. Dimana Kabupaten Pelalawan masuk dalam peringkat kedua,  dibawah Kabupaten Sragen yang berada di peringkat pertama dan mengungguli Kota Malang di peringkat ketiga.

Disebutkan Syahrul, Anugerah Budhipraja ini  diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota atas prestasi inovasi yang menghasilkan nilai tambah baik dalam bentuk komersial, ekonomi maupun sosial-budaya. ‘’Adapun calon penerimanya diantaranya Kabupaten Pelalawan, Kota Cimahi, Kota Magelang, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sragen,’jelasnya.

Kepala Bappeda yang dikenal low profile yang ikut mendampingi Bupati HM Harris menerima penghargaan menambahkan, setidaknya a‎da 3 kreteria penilaian yang menjadi tolok ukur sebelum diberikannya penghargaan Budhipraja ini.’’Pertama, perencanaan, implementasi dan hasil yang telah diperoleh,’’paparnya sambil mengatakan, penghargaan Budhipraja Tahun 2017 ini diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sragen sebagai Peringkat I, Kabupaten Pelalawan sebagai Peringkat II dan  Kabupaten Magelang sebagai Peringkat III.  

Katanya lagi, sejauh ini, Pemkab Pelalawan senantiasa melakukan berbagai inovasi dalam mencapai target Pelalawan Emas dan Indonesia Emas. ‘’Salah  satunya peningkatan teknologi di seluruh sistem yang ada, seperti Pelalawan menuju Smart City maupun Pembangunan Kawasan Tekhno Park sebagai Kawasan Industri Berbasis Teknologi,’’beber Syahrul

‎Bupati Pelalawan HM Harris, lanjutnya,usai menerima award  mengatakan, ‎p‎enghargaan ini diberikan atas kesungguhan Kabupaten Pelalawan dalam mengembangkan budaya inovasi, pembangunan infrastruktur serta suprastruktur teknologi inovasi, peningkatan SDM di daerah dalam mengadopsi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

Mantan Ketua DPRD Pelalawan dua periode ini mengucapkan terima kasih kepada BPPT yang telah mendampingi Pemkab Pelalawan selama ini. Politisi senior besutan Golkar juga menyampaikan bahwa penerimaan anugerah ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah  dan masyarakat Pelalawan untuk terus menggiatkan pengembangan inovasi dan teknologi di daerah yang diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi daerah.

‘’Terima kasih kepada stakeholder yang telah bersama-sama  mewujudkan visi pembangunan di Kabupaten Pelalawan melalui pendekatan penguatan sistem inovasi,’’ujarnya.

Selain anugerah Budhipraja, juga ada anugerah Budhipura diberikan kepada pemerintah provinsi atas prestasi dalam pembinaan kabupaten dan kota. Anugerah Budhipura diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Peringkat I, Provinsi Sumatera Selatan sebagai Peringkat II dan Pemerintah Provinsi Riau sebagai Peringkat III.‎

Turut mendampingi Bupati HM Harris kala itu, Kepala Bappeda Ir  M Syahrul Syarif,M.Si dan Kepala Balitbang Ir Arizal.amr