Siaga Karhutla, Polres Siak Gelar Apel


riaupotenza.com
Kapolres Siak memeriksa peralatan pemadaman karhutla milik polres dan polsek jajaran, Damkar Pemkab Siak, perusahaan mitra kerja dan MPA.

SIAK (RPZ) — Sebagai wujud kesiapsiagaan dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Siak, Selasa (8/8) Mapolres Siak menggelar apel di halaman Mapolres Siak, Kecamatan Dayun. Selain Polsek jajaran, apel juga melibatkan unsur Pemkab Siak dan stakeholder lainnya. Berbagai armada dan alat-alat pemadaman, juga ditampilkan dalam kesempatan tersebut.

Kapolres Siak AKBP Restika P Nainggolan SIk selaku pemimpin apel menyebutkan, sesuai pengalaman, penanggulangan karhutla di tahun-tahun sebelumnya, tidaklah mudah. Apalagi imbuhnya, di tahun 2016 hampir diseluruh wilayah Kabupaten Siak terdapat hotspot hingga mencapai 259 titik.

Namun demikian, kata dia, atas kerja keras bersama, jumlah hotspot berhasil ditekan setiap tahunnya. Dan untuk tahun 2017 ini komitmen dan sinergitas  bersama harus tetap dijaga sehingga antisipasi karhutla secara lebih dini dapat terlaksana dengan baik.

Menurut Restika, rencana penanggulangan karhutla pada tahun 2017 ini mencakup empat langkah, yakni deteksi dini berupa mengumpulkan dan menyusun mapping data penanggulangan sebagai perkiraan intelijen dalam rangka kontijensi bencana, mendorong Pemkab Siak mengadakan rakor guna memberikan masukan strategis dan berkoordinasi dengan BMKG terkait data kondisi cuaca.

Kedua, langkah pre-emtif dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan sosialisasi kepada masyarakat melalui spanduk, banner, maklumat.

Ketiga, tahap prefentif, yaitu menginventarisir dan melakukan pengecekan sarana prasarana yang diperlukan, menyiapkan posko penanggulangan karhutla mulai tingkat Kabupaten hingga Desa dan menempatkan personel di posko taktis.

Ke-empat, langkah refresif atau oenanganan hukum. “Terkait langkah ini telah dilakukan pembuatan juklap/SOP proses penyelidikan dan penyidikan kasus karhutla. Disamping itu juga telah disiapkan posko satgas gakkum  (penegakkan hukum-red) karhutla dengan personil-personil terlatih,” tandas Kapolres ramah ini.

Guna maksimalisasi penanggulangan karhutla, Restika kembali menegaskan, bahwa inti dari semua kesuksesan adalah kerjasama dan sinergitas tiada henti semua pihak terkait. Karena masalah karhutla merupakan tanggung jawab bersama.***