Gubri Lepas Kloter Pertama Riau

Jaga Kesehatan, Banyak Minum Air Putih


riaupotenza.com
lepas - Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman melepas Jamaah Calon Haji Provinsi Riau di asrama haji Batam.

BATAM (RPZ) - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Kakanwil Kemenag Riau, Drs H Ahmad Supardi MA diwakili Kabid Pakis, H Fairus MA dan Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus ST MT melepas secara resmi Kelompok Terbang (Kloter) I Riau atau Kloter 2 Embarkasi Batam (BTH) menuju Madinah, Senin (31/7) malam di aula Keberangkatan Embarkasi Batam.

Pelepasan 450 JCH Kloter 2 BTH yang merupakan jamaah asal Kota Pekanbaru termasuk petugas haji ditandai dengan penyerahan dokumen dan bendera merah putih kepada petugas haji dengan ketua kloter, Suhardi dengan disaksikan oleh Karo Kesra Provinsi Riau, Sekdako Pekanbaru, Kakankemenag Pekanbaru Edwar S Umar, Plh Kabdi PHU Saifunnajar MH, Kasi PHU Kemenag Kota Defizon S Kom, Kasi Informasi Haji Asril, dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu berpesan agar JCH dapat menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih. 

Karena kondisi di Arab Saudi saat ini sangat panas. Terlebih, perjuangan cukup panjang, karena mulai dari pemberangkatan sampai pulang memakan waktu 39 hari.

‘’Jangan memporsir tenaga untuk melaksanakan amalan-amalan sunnah. Tapi persiapkan tenaga dan kesegaran tubuh untuk menjalani puncak ibadah haji di Armina. Sehingga, perjalanan ibadah yang panjang bisa menghasilkan haji yang mabrur dan kembali ketanah air dalam keadaan sehat wal afiat. Selain itu, perbanyaklah berdoa, untuk diri sendiri, keluarga dan negara kita,’’ pinta Gubri kepada ratusan JCH asal Pekanbaru.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT, agar jamah dapat menjaga kesehatan. Karena yang akan dihadapi adalah tantangan yang cukup besar perjalanan yang cukup jauh dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrim, saat ini suhu mencapai 40 drajat celsius.
 
‘’Jadilah mukmin yang cerdas yang selalu ingat akan mati, mempersiapkan bekal untuk menghadapi kematian. Karena kehidupan setelah kematian lebih kekal. Untuk itu, kalau sudah sampai di Batam dan berangkat ke tanah suci, lepas semua beban pikiran tentang harta dan keluarga yang ditinggal. Fokuslah untuk ibadah agar memperoleh haji yang mabrur,’’ ungkap Firdaus.
 
Berdasarkan laporan Sekretaris PPIH Embarkasi Batam, H Subadi SAg MSi, jumlah JCH Embarkasi BTH tahun 1438 H/2017 M sebanyak 11.940 jamaah. Terdiri dari 11.805 jamaah haji dan 135 petugas kloter terbagi dalam 27 kloter dengan Provinsi Kepri, Riau, Kalimantan Barat  dan Jambi.

 ‘’Kloter 2 BTH berjumlah 450 orang, dengan rincian 445 jamaah dan 5 orang petugas kloter, akan take off dari Batam ke Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 23.50 WIB dengan Saudi Arabian Airlines Boing774-400 malam ini. Berdasarkan Qur’ah Maktab, kloter 2 BTH akan ditempatkan diwilayah Syisyah Maktab 59 Sektor 08 No. Rumah 801,’’ paparnya.
 
Salain itu, dalam kloter 2 BTH JCH tertua berumur 77 tahun atas nama Supakat Hasan Rifai dan JCH termuda Rama Arwana Kamindar dengan usia 25 tahun.(yan)