Juga Industri Nugget Ikan 

Sinaboi Berpeluang Jadi Kawasan Wisata 


riaupotenza.com
Anggota DPRD Rohil usai rapat paripurna di Gedung Olah Raga (GOR) Bagan Centre. Jelang Ramadan, seluruh anggota DPRD Rohil dan staf Sekretariat DPRD akan menempati gedung baru di kawasan.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Anggota DPRD Rokan Hilir dari Partai Amanat Nasional (PAN) Rohil Dra Hj Suryati mengatakan, kawasan-kawasan pesisir di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berpeluang dijadikan sebagai daerah wisata. 

Misal, sebut Suryati, di Kecamatan Sinaboi ada jembatan yakni Jembatan Sinboi yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata. Seperti objek wisata memancing. 

Di kiri-kanan pinggir sungai di sekitar Jembatan Sinaboi itu, kata Suryati, bisa dijadikan tempat memancing dan kegiatan ekonomi kemasyarakat lainnya. 

Penghulu di Kepenghuluan Sinaboi, sebut Suryati, menyampaikan usulan tersebut pada reses beberapa waktu lalu.  

“Yang disampaikan penghulu itu memang masuk akal. Di pinggir-pinggir sungai Jembatan Sinaboi dijadikan tempat memancing dan kegiatan lainnya. Ada produk-produk yang harus kita kembangkan sehingga menjadi peningkatan ekonomi masyarakat dan kalau perlu meningkatkan PAD kita,” kata Suryati, rabu (3/5) di Gedung DPRD Rohil di Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi.  

Potensi lain yang dapat dikembangkan di Kecamatan yang berada di pesisir Rohil, seperti di Kecamatan Sinaboi, jelas Suryati, adalah pengembangan industri kecil dan menengah nugget ikan. 

Hanya saja, tutur Suryati, masyarakat, pemerintah kecamatan, kelurahan dan kepenghuluan mengalami kendala modal dan perizinan. 

“Kalau masalah perizinan nanti kita coba bantu. Industri nugget ini, kita kan punya bahan baku yang banyak yakni ikan. Jadi bahan baku ini tidak terkendala lagi. Jadi modal yang diperlukan. Itu upaya-upaya yang kita lakukan bagaimana masyarakat Rohil itu menjadi masyarakat yang mandiri yang berangsur-angsur tidak tergantung lagi dengan APBD,” pungkas Suryati. PPG