ASPPI Promosikan Wisata Riau Melalui RTM


riaupotenza.com
Panitia RTM ASPPI DPD Riau foto bersama usai menggelar konferensi Pers di Hotel Pangeran, Rabu (22/3). Foto idon

PEKANBARU- Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Riau, akan menggelar promosi wisata Provinsi Riau melalui Riau Travel Mart (RTM).

Untuk yang ke-4 kalinya, dilakukan RTM oleh ASPPI yang menarik minat wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara.

Hal ini disampaikan Ketua DPD ASPPI Riau, Yuli Andriani saat mengadakan konferensi Pers bersama panitia di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (22/3) sore.

Dalam pemaparannya, bahwa untuk RTM ke-4 ini, pihaknya menargetkan 100 Seller dan 300 Buyyer dari luar Riau atau se Nusantara.

" Dari tiga kali ATM yang kami lakukan di Riau, sudah cukup banyak Seller dan Buyer yang kita dapat melalui promosi wisata yang ada di Riau," sebut Yuli kepada Pekanbaru Pos.

Sementara untuk RTM yang ke-4 ini, akan digelar pada 4-6 Mei 2017 mendatang di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman.

Sebelum itu, tentunya ASPPI terus berupaya melakukan promosi wisata ke berbagai daerah.

Yuli mengatakan, di wilayah Riau sangat banyak destinasi wisata yang bisa dijual. 

Melalui promosi yang dilakukan, akan menarik para wisatawan untuk datang ke Riau dan membantu pemerintah melalui Dinas Pariwisata menumbuhkan ekonomi masyarakat Riau.

" Mitra kerja kami Dinas Pariwisata Riau. Bersama kita mempromosikan wisata," ujarnya.

Dia menyebut beberapa destinasi wisata yang bisa dijual mahal, seperti Candi Muara Takus, Istana Siak, Bono,  Perhotelan, pasar wisata di Kota Pekanbaru dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya.

Namun jika tidak dipromosikan, maka orang diluar Riau ini tidak akan tahu dengan kekayaan wisata yang ada di Provinsi Riau tersebut.

" Itulah tekad kami melalui RTM ini, wisata Riau lebih dikenal dan banyak pemaminat," katanya.

Selama diadakan RTM ini, sudah cukup banyak warga negara tetangga yang datang ke Riau, seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan negara besar lainnya.

Kali ini, ASPPI mengambil tajuk RTM yang ke-4 yakni ' Ayo Wisata ke Riau'. Tajuk itu diambil sebagai upaya menarik para wisatawan.

" Yang jelas kita bersinergi dengan Dinas-dinas terkait dan pada sponsor yang mendukung kegiatan ASPPI ini. Mempromosikan wisata, karena di Riau ini ada kuliner juga yang mesti dikembangkan," ungkap Yuli.

Untuk diketahui, kata dia, secara hukum legalitas ASPPI DPD Riau sejak tahun 2008 lalu, yang aktif hingga sekarang ini.

Sementara itu, dalam konferensi Pers ASPPI DPD Riau ini, hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal.

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan memberikan dukungan penuh kepada ASPPI terus.

" Pasti kita dukung dan mendorong kegiatan mereka. Karena ini salah satu upaya membantu untuk mempromosikan wisata di Riau," kata Fahmizal.

Menurutnya dengan adanya RTM ini, destinasi wisata yang ada di Riau akan lebih banyak dikunjungi wisatawan dari luar.

Itu kata dia, menjadi harapan kedepan bersama ASPPI mempromosikan wisata-wisata yang ada di Riau ini.

Beberapa tempat wisata yang berkembang saat ini, diantaranya, Candi Muara Takus, Air Terjun di Sungai Kapur, Baru Hidung, Batu Kodok di Kecamatan Koto Kampar Hulu, Istana Siak, Bono, dan masih banyak yang akan dikembangkan.

" Oleh karena itu kita berikan dukungan. Baik Kabupaten dan kota untuk menghilangkan wisata kita ini," jelas Fahmizal.(don)