Sistim Pengawasan Kelautan Harus Dipertajam

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Kembali Murkan Muhammad anggota DPRD Rohil dari Komisi B, meminta kepada pemerintah daerah untuk memperkuat sistim pengawasan terhadap kekayaan laut dan alam di Rohil. Ia menilai kekayaan laut yang masuk kedalam wilayah Rohil sejauh ini, memang masih sangat minim pengawasan yang akurat sehingga tidak heran ada oknum yang terus mencuri kesempatan untuk mengambil kekayaan alam di Rohil.

Salah satu sistim yang masih belum maksimal digunakan kata Murkan adalah, adanya kantor pengawasan di kesatuan PSDKP yang ada di Kecamatan Bangko. Sampai saat ini memang belum difungsikan sesuai dengan aturan dibangunnya kantor tersebut.

Dengan adanya bantuan dari Direktorat Jendral (Dirjen) pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan RI, yang memberi bantuan pembangunan tempat tersebut. Katanya wajib diberi apresiasi dengan menggunakannya secara maksimal, berhubung sejauh ini pengawasan masih sangat kurang terhadap kekayaan kelautan.

“Fungsinya kan sangat jelas, untuk memantau kelestarian dan kekayaan dasar dari laut kita. Nah jika tidak difungsikan nantinya, malah akan menjadi bangunan mubazir, padahal sama-sama diketahui bahwa laut Rohil memang butuh sekali pengawasan,” kaya Murkan Muhammad.

Ketua HNSI ini juga meminta, agar bisa secepatnya sistim yang ada untuk pelayanan dan peningkatan kehidupan nelayan di Rohil bisa dilaksanakan, dari laporan yang ada saat ini katanya, praktik oknum nelayan yang menggunakan cara curang untuk menangkap ikan masih acap dilaksanakan.

Sehingga hal ini katanya menciptakan kesenjangan ditengah masyarakat nelayan, “Masalah dilaut belum usai, padahal kita mempunyai sarana yang sudah bagus untuk pusat pelayanan dan pengaduannya. Hanya saja bel digunakan dengan baik,” pungkasnya.PPG