Diupayakan Pekan Ini

Pengaktifan Bupati Rohul Tunggu Surat dari Pemprov Riau


ROHUL (RPZ) - HINGGA saat ini, di bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Rokan Hulu (Rohul) masih menunggu informasi dari Pemprov Riau. Hal itu, terkait pengaktifan kembali H Suparman S Sos MSi sebagai Bupati Rohul.

Kabag Tapem Setdakab Rohul M Zaki kepada wartawan Senin (20/3) mengatakan, pihaknya belum menerima surat dari Provinsi Riau perihal pengaktifan Suparman sebagai Bupati Rohul. Ia menjelaskan, apakah 
pihak Provinsi Riau langsung memberikan ke Suparman atau tidak, maka ia juga tidak mengetahui hal itu.

‘’Kita sifatnya hanya menunggu. Kalau memang ada kabar dari pihak provinsi suruh jemput ya kita jemput (surat pengaktifan dari Mendagri). Karena kewenangannya bukan wewenang kabupaten,’’ ujar M Zaki.

Diakui M Zaki, dari hasil koordinasi Tapem Setdakab Rohul dengan Pemprov Riau diupayakan pengaktifan Suparman dalam pekan ini juga. ‘’Akan diupayakan minggu ini aktif. Itu konteks hasil koordinasi kita terakhir, namun kapan aktifnya kita tidak bisa menjawab,’’ tutupnya.

Dikabarkan Suparman akan kembali aktif sebagai Bupati Rohul, Senin (20/3/). Namun, apel pagi Senin di lapangan kantor Bupati, diikuti kalangan pejabat, pegawai dan honorer namun masih dipimpin Plt Bupati Rohul H Sukiman.

Pasca divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (23/2) lalu, Suparman tidak otomatis aktif sebagai Bupati Rohul, menyusul ada upaya kasasi dari Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Mahkamah Agung (MA).

Jaksa KPK mengajukan kasasi ke MA karena tidak menerima putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Pekanbaru yang memvonis bebas Suparman.PPG